Pemenuhan kewajiban orang tua terhadap hak anak sebagai akibat cerai gugat dengan tuntutan hak asuh anak di pengadilan negeri pati

HARTANTA, ELGY PUTRI WIDYA (2021) Pemenuhan kewajiban orang tua terhadap hak anak sebagai akibat cerai gugat dengan tuntutan hak asuh anak di pengadilan negeri pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PEMENUHAN KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP HAK ANAK SEBAGAI AKIBAT CERAI GUGAT DENGAN TUNTUTAN HAK ASUH ANAK DI PENGADILAN NEGERI PATI” ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi alasan pengajuan cerai gugat dengan tuntutan hak asuh anak di Pengadilan Negeri Pati dan untuk mengetahui pelaksanaan pemenuhan kewajiban orang tua terhadap hak anak sebagai akibat cerai gugat dengan tuntutan hak asuh anak di Pengadilan Negeri Pati. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis, atau penelitian hukum yang dilakukan dengan cara penelitian lapangan. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang menjadi alasan pengajuan perceraian dengan tuntutan hak asuh anak baik dalam Perkara No. 25/Pdt. G/2018/PN.Pti dan Perkara No. 60/Pdt. G/2020/PN.Pti ini dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis faktor utama perceraian yaitu terjadinya perselisihan dan pertengkaran terus-menerus antara penggugat dan tergugat yang dikarenakan masalah ekonomi sehingga tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga antara penggugat dan tergugat. Kemudian pada faktor yang menjadikan alasan pengajuan cerai gugat atau perceraian dengan menuntut hak asuh anak dalam Perkara No. 25/Pdt. G/2018/PN.Pti dan Perkara No. 60/Pdt.G/2020/PN.Pti yaitu adanya kedekatan dengan keluarga (penggugat) karena didalam kedua pekara ini dimana anak-anak dari penggugat dan tergugat masih dibawah umur dan masih membutuhkan sosok ibu untuk mengasihi serta untuk memikirkan kepentingan anak yang terbaik sekarang dan masa mendatang. Bahwa dalam pelaksanaan kewajiban orang tua terhadap hak anak sebagai akibat perceraian dalam Perkara No. 25/Pdt. G/2018/PN.Pti dan Perkara No. 60/Pdt. G/2020/PN.Pti yaitu bapak selaku tergugat didalam kedua putusan ini lalai atau tidak melaksanakan kewajibannya sebagai seorang bapak terhadap pemenuhan hak anak dalam memberikan biaya pemeliharaan dan pendidikan. Sedangkan sebagian besar bapak setelah perceraian terjadi, lalu menghilang dan mengabaikan kewajibannya sebagai orang tua terhadap hak anaknya. Sehingga untuk tercapainya pemenuhan kewajiban orang tua terhadap hak anak maka ibu (penggugat) yang ikut memenuhinya atau melaksanakannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dwiyana Achmad Hartanto, SH. SHI. MH. Pembimbing 2. Yusuf Istanto, SH. MH.
Kata Kunci: Kewajiban Orang Tua, Cerai Gugat, Hak Asuh Anak.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum negara
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Oct 2021 19:08
Last Modified: 24 Oct 2021 19:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item