Mengatasi siswa sering terlambat masuk sekolah dengan konseling behavioristik teknik kontrak perilaku untuk siswa kelas xii d3 smkn 2 pati

ENDRASTUTY, RIKA (2021) Mengatasi siswa sering terlambat masuk sekolah dengan konseling behavioristik teknik kontrak perilaku untuk siswa kelas xii d3 smkn 2 pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN'] Text (LAMPIRAN')
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujaun untuk mengatasi siswa terlambat masuk sekolah dan menemukan faktor penyebab dan pemecahan masalah untuk mengatasi siswa terlambat masuk sekolah di SMKN 2 Pati dengan menggunakan pendekatan koseling behavioristik. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku siswa terlambat tersebut biasanya individu yang terlambat mengalami perilaku menghindar atau tidak masuk kelas pada saat terlambat berlari, masuk kelas dengan takut, tenang dalam menjalankan sanksi yang dibebankan. Konseling behavioristic merupakan suatu pendekatan yang berfokus pada tingkah laku manusia yang menekan pada proses belajar dari lingkungannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan konseling behavioristik untuk membantu siswa yang masuk ke sekolah dengan tujuan siswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan baik agar siswa tidak terlambat masuk ke sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus pada siswa kelas XII D3 yang dilaksanakan di SMKN 2 Pati dengan subjek penelitian tiga siswa SMKN 2 Pati yang mengalami keterlambatan masuk ke sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancaran, observasi sebagai metode pokok, serta metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian mengatasi Siswa Terlambat Masuk Sekolah dengan Teknik Kontrak Perilaku untuk Siswa Kelas XII D3 SMKN 2 Pati yang dialami oleh EF, MDS dan MA menunjukkan perubahan yang baik sudah bisa bangun pagi dan meninggalkan kebiasaannya terlambat ke sekolah. Disarankan kepada 1. Kepada Siswa, diharapkan dapat mengatur waktunya, lebih memahami keadaan yang ada pada dirinya, dan mampu menyadari pentingnya kedisiplinan dalam menaati peraturan yang dibuat oleh sekolah. 2. Kepada Guru BK, dapat memperoleh pemecahan masalah dengan penerapan pendekatan behavioristik teknik kontrak perilaku untuk mengatasi permasalahan-permasalahan siswa. 3. Kepada Kepala Sekolah, dapat menggunakan hasil temuan peneliti untuk mendapatkan informasi baru terkait dengan program pelaksanaan layanan BK, khususnya konseling behavioristik sebagai pedoman untuk memilih kebijakan. 4. Kepada peneliti, dalam upaya mengatasi siswa yang terlambat masuk sekolah hendaknya lebih memahami kondisi konseli dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dialami oleh konseli dan menggunakan berbagai teknik lebih bervariatif sesuai permasalahan yang dialami oleh konseli.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. Pembimbing 2. Indah Lestari, S.Pd., M.Pd. Kons
Kata Kunci: Konseling Behavioristik, Teknik Kontrak Perilaku, Terlambat Masuk Sekolah
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Oct 2021 19:37
Last Modified: 24 Oct 2021 19:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15872

Actions (login required)

View Item View Item