Studi Kasus Penerapan Model Konseling Trait And Factor Untuk Membantu Mengatasi Siswa Lamban Belajar Di Kelas X MAN 1 KUDUS Tahun pelajaran 2011/2012

WAHYUNINGSIH, SRI (2013) Studi Kasus Penerapan Model Konseling Trait And Factor Untuk Membantu Mengatasi Siswa Lamban Belajar Di Kelas X MAN 1 KUDUS Tahun pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (145kB)

Abstrak

Permasalahan yang diteliti: Apakah penerapan model konseling trait and factor efektif untuk mengatasi masalah lamban belajar pada peserta didik kelas X MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan hasil penerapan layanan trait and factor untuk membantu mengatasi masalah lamban belajar pada kelas X MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Adapun kegunaan penelitian ini adalah kegunaan teoritis: hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan, menambah wawasan, menambah pustaka pendidikan, dan masukan untuk penelitian yang sejenis khususnya dalam memahami lamban belajar dan upaya mengatasinya melalui konseling trait and factor. Kegunaan praktis: Peserta didik, dapat mengatasi masalah lamban belajar yang dialami dan bisa mengembangkan kemampuannya secara lebih baik dan optimal. Bagi guru pembimbing, menambah wawasan dan dapat menggunakan hasil penelitian untuk menentukan layanan yang akan diberikan selanjutnya. Bagi peneliti, menambah pengetahuan dan pengalaman, hasil penelitian dapat digunakan sebagai acuan dalam membantu siswa mencapai perkembangannya. Ruang lingkup: mengungkapkan tentang pendekatan model konseling trait and factor dan masalah lamban belajar pada peserta didik tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Ada 3 subjek dalam penelitian yaitu AEP, NN, RFS. Bentuk analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis induksi sistem bacon yaitu peneliti mengumpulkan faktor sebanyak-banyaknya yang kemudian di tabulasikan dan ditarik kesimpulan lalu dilanjutkan ke pemecahan masalah.. Hasil penelitian kasus 1 (AEP): AEP lambat memahami materi pelajaran (self conflict), AEP belum tahu tentang bagaimana cara belajar yang efektif (lack of skills). AEP belum siap menghadapi semesteran (dependence). Penerapan teknik untuk mengatasi masalah AEP adalah dengan mengubah sikap AEP tidak malu bertanya dan selalu bicara jujur (changing attitude), memberikan cara-cara atau tentang belajar efektif (learning the needed skills). Kasus II (NN): susah konsentrasi membuatnya lambat memahami materi pelajaran di kelas (self conflict), kurang motivasi dari orang tua sehingga dia malas belajar (lack of assurance). Penerapan teknik untuk mengatasi masalah NN adalah dengan memberikan pemahaman tentang konsentrasi belajar (learning the needed skills), Menghilangkan sikap iri klien (changing attitude). Kasus III (RFS): RFS kesulitan dalam membagi waktu (lack of skills). Tidak rajin masuk sekolah , tidak bisa konsentrasi belajar, lambat memahami penjelasan guru (self conflict). Penerapan teknik untuk mengatasi masalah RFS adalah dengan memberikan pemahaman tentang pengendali waktu (learning neded skills), memberikan dorongan untuk tetap rajin masuk sekolah dan mempertahankan belajar kelompoknya (forcing conformity).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd, Kons DAN Dr. Sukiman, M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci : Layanan Trait and Factor ; Lamban Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 22 Jul 2013 03:52
Last Modified: 22 Jul 2013 03:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item View Item