Kumoro, Kumoro (2021) Analisis pengelolaan guru untuk penguatan pendidikan karakter mandiri siswa kelas v sdn 2 sidorekso kabupaten kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (590kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
bab I.pdf - Published Version Download (240kB) | Preview |
Text (BAB II)
bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (807kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (124kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis cara yang baik untuk melakukan perencanaan karakter kemandirian siswa untuk pengokohan pendidikan karakter siswa kelas V SDN 02 Sidorekso Kabupaten Kudus. Menganalisis pengorganisasian dalam menjalankan karakter kemandirian siswa untuk pengokohan pendidikan karakter siswa kelas V SDN 02 Sidorekso Kabupaten Kudus. Serta menganalisis pengawasan yang baik untuk karakter kemandirian siswa dalam pengokohan pendidikan karakter siswa kelas V SDN 02 Sidorekso Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan peneliti dalam oenelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di SD N 2 Sidorekso Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, pencatatan, pemotretan, perekaman, dan transkipsi. Hasil dari penelitian yaitu cara planning (perencanaan) karakter kemandirian siswa untuk pengokohan pendidikan karakter mandiri siswa kelas V SDN 2 Sidorekso dilakukan oleh guru yaitu dengan adanya kegiatan rutin dan pengintegrasian nilai kemandirian dalam mata pelajaran. Sedangkan cara organizing (pengorganisasian) yang telah dilakukan guru dalam menjalankan karakter kemandirian siswa yaitu dengan mengorganisasikan pembelajaran. Kegiatan rutin dan pengintegrasian dalam mata pelajaran yang telah direncanakan diterapkan dengan baik sesuai tujuan agar pembelajaran dapat berlangsung dengan efisien dan efektif. Kegiatan controlling (pengawasan) yang baik dilakukan guru dalam penguatan pendidikan karakter mandiri yaitu dengan mengawasi siswa selama kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin Pembimbing 2. Ika Ari Pratiwi,S.Pd,M.Pd. |
Kata Kunci: | Pendidikan Karakter, Kedisplinan, Pengelolaan Guru. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 02:30 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15909 |
Actions (login required)
View Item |