Pengembangan metode dramatic play berbasis kearifan lokal kudus untuk peningkatan keterampilan berbahasa reseptif dan ekspresif anak usia dini

FEBRIANI, ANITA (2022) Pengembangan metode dramatic play berbasis kearifan lokal kudus untuk peningkatan keterampilan berbahasa reseptif dan ekspresif anak usia dini. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan terhadap Metode dramatic play berbasis kearifan lokal Kudus untuk peningkatan keterampilan berbahasa reseptif dan ekspresif anak usia dini; (2) mengembangkan bentuk Metode dramatic play untuk peningkatan keterampilan berbahasa reseptif dan ekspresif anak usia dini; (3) menganalisis efektivitas pengembangan Metode dramatic play berbasis kearifan lokal Kudus untuk peningkatan keterampilan berbahasa reseptif dan ekspresif anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan Borg and Gall dengan 10 tahapan. Sumber data adalah 6 guru dan 40 anak TK kelompok B di Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif , uji prasyarat dan uji t . Hasil penelitian: 1) guru dan anak membutuhkan adanya pengembangan Metode pembelajaran dalam permainan drama berbasis kearifan lokal Kudus; 2) Pengembangan Metode pembelajaran permainan drama berupa buku panduan dramatic play berbasis kearifan lokal Kudus; 3) Pengembangan buku panduan dramatic play berbasis kearifan lokal Kudus ini layak digunakan utnuk pembelajaran di TK berdasarkan validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. 4) pengembangan Metode pembelajaran buku panduan dramatic play berbasis kearifan lokal Kudus cukup efektif untuk peningkatan keterampilan berbahasa reseptif dan ekspresif anak usia dini berdasarkan nilai t hitung sebesar 20,850 maka t hitung > t tabel .dan nilai N gain sebesar 71,295f.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Santoso, M.Pd., (2) Dr. Gunawan Setiadi, SIP., M.Pd.
Kata Kunci: Dramatic Play, Kearifan Lokal, Keterampilan Berbahasa Reseptif Dan Ekspresif
Subjects: Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:01
Last Modified: 23 Mar 2022 03:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16039

Actions (login required)

View Item View Item