Pengembangan emodul menggunakan flip pdf corporate materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas vi sd

SUNARYO, SUNARYO (2022) Pengembangan emodul menggunakan flip pdf corporate materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas vi sd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman depan]
Preview
Text (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan emodul menggunakan Flip PDF Corporate Kelas VI SD. (2) Mengembangkan desain emodul menggunakan Flip PDF Corporate kelas VI SD. (3) Menguji kelayakan emodul menggunakan Flip PDF Corporate dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD. (4) Menguji keefektifan emodul menggunakan Flip PDF Corporate untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD. Jenis penelitin ini menggunakan model penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan istilah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono dengan langkah sebagai berikut: (1) petensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk; (8) ujicoba pemakaian. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk emodul menggunakan Flip PDF Corporate pada materi penjumlahan bilangan bulat. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis produk, analisis data awal dan analisis data akhir dengan uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) emodul dibutuhkan pada pembelajaran matematika di SD, 2) menghasilkan produk emodul menggunakan flip PDF corporate materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, 3) emodul menggunakan flip PDF corporate pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat layak digunakan berdasarkan hasil ahli materi dan ahli media. Kelayakan ahli materi mendapat skor 80% dengan kriteria layak dan ahli media mendapat skor 79% dengan kriteria layak, 4) penggunaan emodul menggunakan flip PDF Corporate menggunakan flip PDF corporate cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD, dengan nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 63,02%. Dari penelitian ini disarankan bahwa: 1) guru diharapkan mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif, 2) media pembelajaran ini dapat dikembangkan lagi oleh guru dengan materi yang berbeda.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd 2. Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd
Kata Kunci: Bahan Ajar, Emodul, Flip PDF Corporate
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:27
Last Modified: 23 Mar 2022 04:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16056

Actions (login required)

View Item View Item