Pengaruh pembelajaran daring, motivasi dan penguasaan konsep ips terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas iv sekolah dasar

SUBKHAN, ALI (2022) Pengaruh pembelajaran daring, motivasi dan penguasaan konsep ips terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas iv sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
1.HALAMAN COVER.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring, kemampuan memecahkan masalah sosial, dan motivasi belajar terhadap pengusaan konsep IPS pada siswa kelas IV di SD Negeri anggota Gugus Palapa Sayung, Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari empat langkah, yaitu: 1) identifikasi masalah; 2) Studi literatur; 3) Pengembangan kerangka konsep; 4) identifikasi dan definisi variabel, hipotesis, dan instrumen penelitian, 5) teknik sampling, 6) pengumpulan data, 7) analisis data, 8) kesimpulan. Teknik sampling jenuh (sensus) adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru kelas 6 dan kepala sekolah di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linierita) dan uji hipotesis (regresi berganda, uji F, dan koefisien determinasi). Pada hasil penelitian bahwa setiap variabel independen (X1, X2, dan X3) berpengaruh terhadap variabel dependen (Y) yaitu pembelajaran daring, motivasi belajar, dan penguasaan konsep IPS berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV Sekolah Dasar sebesar 70,50%. Diharapkan kepada kepala sekolah dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran daring sehingga siswa dapat memiliki penguasaan konsep pada mata pelajaran IPS dan dapat memecahkan permasalahan sosial siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd., II) Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi, Penguasaan Konsep IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:39
Last Modified: 23 Mar 2022 04:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16059

Actions (login required)

View Item View Item