ABDIANTO, WAHYU CANDRA (2022) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas v sd di gugus dewi sartika kecamatan geyer. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
hal Judul.pdf - Published Version Download (720kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (532kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (224kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis kebutuhan terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Problem Based Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa kelas V pada 4 SD Negeri di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Geyer, 2) Menghasilkan produk LKS berbasis berbasis PBL yang layak untuk meningkatkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa kelas V pada 4 SD Negeri di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Geyer, 3) Menganalisis efektivitas produk LKS berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar menggunakan analisis nilai Uji T dari data pretest dan posttest siswa pada kelas V pada 4 SD Negeri di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Geyer. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan mengacu pada model desain Borg & Gall. Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa membutuhkan Lembar Kerja Siswa yang berbeda dari yang digunakan selama ini dalam pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan produk Lembar Kerja Siswa Berbasis PBL yang layak untuk digunakan dengan hasil validasi ahli materi 90%, ahli media 75,5%, dan ahli bahasa 91%. Produk ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari hasil rata-rata nilai pre test kelas eksperimen 72,65 naik menjadi 80,13 dan kelas kontrol 65,50 naik menjadi 78,75 . Pada hasil perhitungan N-Gain menunjukkan hasil sebesar 66,72% dengan kategori cukup efektif, kemudian nilai uji-t, nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,045 < 0,05, sehingga sebagai dasar pengambilan keputusan dalam independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Lembar Kerja Siswa berbasis PBL efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I) Dr. Rismiyanto, S.S, M.Pd, Pembimbing II) Dr. Drs. Murtono, M.Pd. |
Kata Kunci: | Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Efektif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 05:10 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 05:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16064 |
Actions (login required)
View Item |