Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas v sd di gugus dewi sartika kecamatan geyer

ABDIANTO, WAHYU CANDRA (2022) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas v sd di gugus dewi sartika kecamatan geyer. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
hal Judul.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis kebutuhan terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Problem Based Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa kelas V pada 4 SD Negeri di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Geyer, 2) Menghasilkan produk LKS berbasis berbasis PBL yang layak untuk meningkatkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa kelas V pada 4 SD Negeri di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Geyer, 3) Menganalisis efektivitas produk LKS berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar menggunakan analisis nilai Uji T dari data pretest dan posttest siswa pada kelas V pada 4 SD Negeri di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Geyer. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan mengacu pada model desain Borg & Gall. Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa membutuhkan Lembar Kerja Siswa yang berbeda dari yang digunakan selama ini dalam pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan produk Lembar Kerja Siswa Berbasis PBL yang layak untuk digunakan dengan hasil validasi ahli materi 90%, ahli media 75,5%, dan ahli bahasa 91%. Produk ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari hasil rata-rata nilai pre test kelas eksperimen 72,65 naik menjadi 80,13 dan kelas kontrol 65,50 naik menjadi 78,75 . Pada hasil perhitungan N-Gain menunjukkan hasil sebesar 66,72% dengan kategori cukup efektif, kemudian nilai uji-t, nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,045 < 0,05, sehingga sebagai dasar pengambilan keputusan dalam independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Lembar Kerja Siswa berbasis PBL efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Rismiyanto, S.S, M.Pd, Pembimbing II) Dr. Drs. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Efektif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:10
Last Modified: 23 Mar 2022 05:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16064

Actions (login required)

View Item View Item