UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA DENGAN METODE COOPERATIVE PLAY BERBASIS BIMBINGAN BELAJAR KELAS 1 SD UNGGULAN MUSLIMAT NU KUDUS

FAIZIN, NUR (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA DENGAN METODE COOPERATIVE PLAY BERBASIS BIMBINGAN BELAJAR KELAS 1 SD UNGGULAN MUSLIMAT NU KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
cover_depan.pdf - Accepted Version

Download (442kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (72kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran-Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Bahasa berperan penting bagi kehidupan manusia, tidak hanya dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga diperlikan untuk menjalankan segala pemberitaan bahkan untuk menyampaikan pikiran, pandangan serta perasaan. Tanpa bahasa manusia tidak dapat mengungkapkan perasaanya, menyampaikan keinginan, memberikan saran dan pendapat, bahkan sampai tingkat pemikiran seseorang yang berkaitan dengan bahasa. Semakin tinggi tingkat penguasaanya bahasa seseorang, semakin baik tinggi tingkat penguasaan bahasa seseorang, semakin baik pula penggunaan bahasa dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, tidaklah berlebihan bila bahasa disebut sebagai alat komunikasi terpenting bagi manusia sehingga mempelajarinya dengan lebih mendalam akan memudahkan dalam berkomunikasi dengan orang lain. . Penelitian ini di latar belakangi karena pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan berbahasa Indonesia ada sebagian siswa kelas I SD Unggulan Muslimat NU Kudus masih mengalami kesulitan, sehingga nilai prestasi belajar bahasa Indonesia masih rendah atau dibawah KKM (70). Dalam penelitian ini Rumusan masalah adalah: Apakah dengan Metode Cooperative Play Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Unggulan Muslimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan keterampilan berbahasa Indonesia sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan metode cooperative play berbasis bimbingan belajar kelas 1 SD Ungulan Muslimat NU kudus Tahun Pelajaran 2011/2012 dan menemukan seberapa besar peningkatan keterampilan siswa yang dilakukan peneliti melalui metode cooperative play berbasis bimbingan belajar siswa kelas 1 SD Unggulan NU Muslimat Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun kegunaan penelitian ini adalah 1. Kegunaan teoritis: Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam pengembangan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam meningkatkan keterampilan dalam berbahasa Indonesia dengan metode cooperative play berbasis bimbingan belajar. 2. Kegunaan praktis: a. Kepala Sekolah, Sebagai bahan masukan berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pelaksanaan pembelajaran dengan metode cooperative play berbasis bimbingan. b. Guru kelas, dengan dilaksanakan PTBK guru dapat memperbaiki metode dan strategi pembelajaran yang di terapkan. c. peneliti, memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang upaya meningkatkan ketrampilan siswa dalam berbahasa Indonesia dengan metode cooperative play di SD Unggulan Muslimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. d. Siswa, dengan adanya PTBK ini, siswa yang mengalami kesulitan memahami pembelajaran dalam bidang bahasa dapat diatasi, yang selanjutnya siswa dalam bidang bahasa dapat meningkat. Hipotesis tindakan yaitu bahwa metode cooperative play berbasis bimbingan belajar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbahasa Indonesia kelas 1 SD Ungulan Muslimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012”. Subjek penelitian ini ada 8 siswa. Variabel penelitian meliputi variabel X (metode cooperative play berbasis bimbingan) dan variabel Y (keterampilan berbahasa Indonesia). Sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian meliputi (1) hasil pengamatan peneliti terhadap keaktifan siswa yaitu: siklus I hasil rata-rata 37% dalam kategori kurang, Pada siklus II mencapai hasil rata-rata 60% dalam kategori baik. (2) hasil pengamatan guru terhadapan keaktifan peneliti dalam memberikan metode cooperative play berbasis bimbingan belajar pada siklus I mencapai hasil rata-rata 46,6% (Cukup) dan siklus II mencapai hasil rata-rata 69,0% (Baik).mengalami peningkatan 22,4%. Simpulan identifikasi permasalahan perkembangan anak melalui 8 aspek perkembangan tersebut sudah tercapai. Hal ini dibuktikan dengan adanya kenaikan prosentase keberhasilan siswa dalam aspek bahasa yang diamati, kemampuan melaksanakan kegiatan berbahasa dari siklus I 37,5% menjadi 60% pada siklus II. Saran yang diajukan kepada: 1) Kepala sekolah, Pembelajaran dengan metode cooperative play berbasis bimbingan belajar adalah salah satu alternatif cara untuk pembaharuan dalam pembelajaran, karena dalam metode tersebut lebih menarik dan lebih melatih siswa belajar sambil bermain. 2) Guru kelas, Hendaknya guru menerapkan metode pembelajaran cooperative play berbasis bimbingan belajar, karena melalui bermain sambil belajar baik bermain secara kelompok atau bermain sendiri akan dapat memuaskan tuntutan dari kebutuhan perkembangan siswa dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia. 3) Orang tua, hendaknya dapat bekerjasama dengan para guru dalam mendidik anak agar perkembangan dan prestasi anak tercapai dengan baik dengan memberikan permainan yang bersifat mendidik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Drs. Susilo Rohardjo, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dra. Hj. Sutarti, SE, MM.
Kata Kunci: Kata Kunci: Keterampilan siswa berbahasa Indonesia, Metode Cooperative Play Berbasis Bimbingan Belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:58
Last Modified: 22 Jul 2013 04:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item