SAJDAH, FATIQOH (2022) Pengembangan buku ajar ipa berbasis kearifan lokal untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sdn 2 karangmangu kecamatan sarang kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (679kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (273kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian adalah: Mendiskripsikan bagaimana menggunakan buku ajar IPA yang berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan pada siswa kelas IV sekolah dasar di gugus Pasopati Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang, Mendiskripsikan kebutuhan buku ajar IPA kelas IV sekolah dasar yang berbasis kearifan lokal, Menguji rancangan pengembangan buku ajar IPA kelas IV sekolah dasar yang berbasis kearifan lokal. Menentukan keefektifan buku Ajar IPA kelas IV sekolah dasar yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Penelitian menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian yaitu pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, Mengembangkan produk awal, Pengujian Lapangan, revisi, uji produk, revisi hasil uji produk lapangan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Meliputi tes tertulis, observasi pembelajaran, dan validasi produk buku ajar IPA yang berbasis kearifan lokal, Analisis produk buku ajar IPA yang berbasis kearifan lokal pada kelas IV sekolah dasar. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di gugus Pasopati kecamatan Sarang kabupaten Rembang. Hasil prototipe buku ajar IPA melalui pengembangan yang berbasis kearifan lokal berupa buku ajar yang sesuai dengan karakteristik dan lingkungan siswa sehingga lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.setelah divalidasi oleh validator memperoleh nilai 90 dengan kategori valid. Kemudian buku ajar ini diterapkan pada siswa kelas eksperimen dengan hasil perhitungan 0,58 dengan kategori sedang. Uji efektivitas pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil tes tertulis siswa dikelas kontrol dan kelas eksperimen.diperoleh bahwa nilai thitung 6,44> ttabel 2,1. Sehingga buku ajar yang berbasis kearifan lokal pada materi sumber energi pada tema 2 sub tema 1 dan 2 kelas IV sekolah dasar sangat efektif digunakan dalam mata pelajaran IPA. Semoga dapat menginspirasi guru untuk melakukan pengembangan pada buku ajar pembelajaran yang lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1.Dr. Mochamad Widjanarko,S.Psi.,M.Si 2. r. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Buku Ajar, IPA, Kearifan lokal, Kelas tinggi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 07:59 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 07:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |