Sulistiyono, Sulistiyono (2022) Pengaruh model discovery learning dan model stad terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa inggris kelas vii mtS di kecamatan tlogowungu kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (392kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (373kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi: 1) Pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VII materi membaca descriptive text di MTs wilayah Kecamatan Tlogowungu. 2) pengaruh model STAD terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa pada materi membaca descriptive text kelas VII MTs. 3) perbedaan pengaruh model Discovery Learning dan STAD terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VII MTs. Peneliti menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan STAD. Model Discovery Learning merupakan model pembelajaran berbasis penemuan. Siswa dilatih untuk menemukan suatu konsep dan teori sensiri melalui proses belajar. STAD merupakan suatu model pembelajaran kooperatif dimana setiap tim memecahkan suatu permasalahan dengan memunculkan ide-ide kelompok. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian eksprimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Pretest postest control group design adalah jenis penelitian eksperimen. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes terulis yang berupa pretest dan posttest serta observasi. Pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji reliabelitas, dan uji prasyarat yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan uji t dan N-gain. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar karena nilai t hitung sebesar 5,959 sedangkan t tabel dengan df = 52 sebesar 2,0066 maka t hitung > t tabel atau 5,969 > 2,0066; 2) terdapat pengaruh penerapan model STAD terhadap hasil belajar karena nilai t hitung sebesar 7,889 sedangkan t tabel dengan df = 54 sebesar 2,0049 maka t hitung > t tabel atau 7,889 > 2, 0049. ; 3) terdapat perbedaan pengaruh model discovery learning dan STAD, Pada kelas discovery learning diperoleh nilai N Gain sebesar 0,6322 kategori efek sedang Nilai N-Gain % sebesar 63,22 dalam tafsiran cukup efektif sedangkan kelas STAD diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,7634 dengan kategori efek sedang. Nilai N-Gain % sebesar 0,7634 kategori efektif. artinya kelas STAD lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Rismiyanto, M.Pd 2. Dr. Santoso, M.Pd |
Kata Kunci: | Discovery Learning, STAD, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 08:19 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 08:19 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16088 |
Actions (login required)
View Item |