EFEKTIFITAS METODE BERMAIN TERHADAP PERKEMBANGAN DAYA PIKIR KREATIF ANAK USIA DINI DI TK AL’IRSYADIYAH SUKORUKUN JAKEN PATI TAHUN 2012/2013

INDRAWATI, INDRAWATI (2013) EFEKTIFITAS METODE BERMAIN TERHADAP PERKEMBANGAN DAYA PIKIR KREATIF ANAK USIA DINI DI TK AL’IRSYADIYAH SUKORUKUN JAKEN PATI TAHUN 2012/2013. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (565kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (97kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Anak usia prasekolah merupakan fase perkembangan individu sekitar 0-6 tahun. Pada fase ini pendidikan merupakan landasan awal bagi perkembangan selanjutnya, baik perkembangan kognitif, perkembangan fisik motorik, perkembangan moral, perkembangan sosial-emosional, maupun perkembangan bahasa. Perkembangan daya pikir kreatif anak. Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru di TK Al’Irsyadiyah Sukorukun Jaken, peneliti mendapatkan informasi bahwa ada sebagian anak yang perkembangan daya pikir kreatifnya kurang. Peneliti memberikan metode bermain yang menarik atau sesuai dengan kondisi siswa. Berdasarkan pada latar belakang di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan: “Apakah metode bermain yang menarik terhadap perkembangan daya pikir kreatif anak usia dini di TK Al-Irsyadiayah Sukorukun Jaken Pati Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat efektif?. Tujuan yang ingin dicapai dalam peneliti ini adalah 1) Mendiskripsikan daya pikir kreatif anak sebelum dan sesudah diterapkan metode bermain yang menarik di TK Al-Irsyadiayah Sukorukun Jaken pati Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Untuk menemukan efektifitas metode bermain di TK Al-Irsyadiayah Sukorukun Jaken Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian dalam skripsi ini: 1) Kegunaan Teoritis dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumber pengatahuan dan demikian khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling, 2) Kegunaan Praktis melalui penelitian ini dapat diperoleh pengetahuan baru tentang upaya menangani cara berfikir kreatif melalui bermain pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan studi populasi, maka subjek penelitian ini adalah semua anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Al-Irsyadiyah Sukorukun Jaken Pati Tahun Pelajaran 2012/2013, sejumlah 18 anak. Variabel penelitian: Penerapan Metode Bermain (variabel X) dan Perkembangan Daya Pikir Kreatif (variabel Y). Dalam penelitian ini data penelitian diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan. Hasil penelitian: analisis data yang digunakan adalah analisis prosentase dan uji t atau t-test. Hasil analisis data penelitian perkembangan daya berfikir kreatif anak TK Al-Irsyadiyah Sukorukun Jaken Pati Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa N = 18 adalah sebelum penerapan metode bermain diperoleh skor prosentase sebesar 94% dengan jumlah 18 anak termasuk dalam kategori kreatif. Sesudah penerapan metode bermain diperoleh skor prosentase sebesar 11% dengan jumlah 2 anak termasuk dalam kategori sangat kreatif. Sedangkan 13 anak memperoleh prosentase 72% termasuk dalam kategori kreatif dan 3 anak memperoleh prosentase 17% termasuk dalam kategori cukup kreatif. Hasil analisis uji beda dengan T-tes menunjukkan perolehan t hitung = 13. 738 lebih besar dari t tabel dari taraf signifikansi 5% = 2,878. Hal ini menunjukkan adanya efektifitas metode bermain terhadap perkembangan daya pikir kreatif anak usia dini di TK Al-Irsyadiyah Sukorukun Jaken Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Dengan demikian hipotesis diterima karena teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian di TK Al-Irsyadiyahat disimpulkan bahwa adanya efektifitas metode bermain terhadap perkembangan daya pikir kreatif anak usia dini di TK Al-Irsyadiyah Sukorukun Jaken Pati Tahun Pelajaran 2012/2012. Saran 1) Bagi Kepala Taman kanak-kanak dijadikan bahan pertimbangan untuk meningkatkan daya pikir kreatif anak dengan melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran. 2) Bagi Guru diharapkan guru dapat membimbing anak dalam melakukan permainan, dan dapat menciptan suasana yang menyenagkan bagi anak. 3) Kepada Orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya terutama dalam membantu mengembangkan daya pikir kreatif anak. 4) Bagi peneliti berikutnya, diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan atau reverensi untuk mengembangkan penerapan metode bermain terhadap perkembangan daya pikir kreatif anak TK.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: , Dosen Pembimbing 1: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Drs. Arista Kiswantoro.
Kata Kunci: Kata kunci: Metode Bermain, Perkembangan Daya Pikir Kreatif Anak.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 22 Jul 2013 05:08
Last Modified: 22 Jul 2013 05:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item