Erawati, Diah Suci (2021) Kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran dalam kinerja guru sdn wedung 1 kecamatan wedung kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (646kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (194kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (148kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru (pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional), kendala-kendala yang dihadapi terkait dengan kompetensi yang dimiliki, fasilitas pembelajaran dan kinerja guru SDN Wedung 1 Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan pengelola asset SDN Wedung 1 Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian diperoleh 1) kompentensi yang dimiliki guru SDN Wedung 1 sudah baik; 2) kendala yang dihadapi terkait dengan kompetensi yang dimiliki yaitu kesulitan dalam memahami karakteristik siswa, kurangnya kemampuan memahami macam-macam strategi pembelajaran, keterbatasan alat peraga, kurangnya kemampuan menggunakan TIK, kurang menguasai metode mengajar, keterbatasan waktu dalam merancang perangkat pembelajaran, pembiayaan yang besar dalam mengembangkan kurikulum, masih ada guru yang hanya menggunakan metode ceramah tanpa alat peraga, kurang memahami penyusunan PTK, terbatasnya kegiatan diklat yang diikuti, serta komunikasi dengan orang tua yang kurang produktif; 3) Fasilitas pembelajaran di SDN Wedung sudah terawat dengan baik dan lengkap 4) Kinerja guru SDN Wedung 1 dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sudah baik. Meskipun demikian diperlukan upaya untuk meningkatkan kinerja guru melalui pembinaan kinerja guru, pengawasan kinerja guru, pemberian motivasi, pemenuhan fasilitas pembelajaran, pengevaluasian kinerja guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I) Dr. Sri Surachmi, M.Pd, II) Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A. |
Kata Kunci: | Kompetensi Guru, Fasilitas Pembelajaran, Kinerja Guru |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 01:36 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 01:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16094 |
Actions (login required)
View Item |