Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantukan peer tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik kelas v sekolah dasar

Utaminingsih, Meta (2022) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantukan peer tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
1. Hal. Depan.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) menganalisis pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Peer Tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Gugus Teuku Umar Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan; dan (2) menganalisis pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Peer Tutoring terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Gugus Teuku Umar Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas V dan guru di Gugus Teuku Umar, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial dengan teknik statistik parametrik dengan uji prasyarat. Uji hipotesis menggunakan Uji t untuk menguji hipotesis penelitian mengenai pengaruh dari masing-masing variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat. Peningkatan pengaruh Problem Based Learning berbantukan Peer Tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik diuji menggunakan N-gain. Hasil analisis pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Peer Tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis menggunakan uji t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances, thitung diperoleh hasil -9,0339. Kemudian dibandingkan dengan ttabel. Jumlah kelas kontrol (n1) dan kelas eksperimen (n2) adalah 58, maka (n1+ n2) – 2 = 56. Taraf signifikan a = 5% (0,05), diperoleh ttabel sebesar 1,6725.. Dari interpretasi data dapat ditarik kesimpulan thitung < ttabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan hasil uji N-gain sebesar 0,40 pada kategori sedang. Untuk pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Peer Tutoring terhadap kemandirian belajar menggunakan uji t-Test : Paired Two Sample for Means diperoleh nilai -t hitung -41,4274 kurang dari t tabel 1,7032 dengan sig. 2,8150 ≥ α (0,05) maka Ho diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemandirian belajar awal dan kemandirian belajar akhir siswa kelas eksperimen dengan hasil uji N-gain sebesar 0,58 pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning berbantukan Peer Tutoring berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Mochamad Widjanarko, S.Psi., M.Si., II) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: Problem Based Learning berbantukan Peer Tutoring, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:17
Last Modified: 24 Mar 2022 02:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16103

Actions (login required)

View Item View Item