Machfud, Machfud (2022) Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas iv sd tema 9 kayanya negeriku. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (813kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (348kB) | Preview |
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (700kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (335kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan kebutuhan pengembangan media video animasi pembelajaran tematik. Mengembangkan media video animasi pembelajaran tematik dengan Power Point dan Camtasia 2019, menganalisis kelayakan dan menguji keefektifan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 9 kayanya negeriku. Metode yang diterapkan yaitu penelitian dan pengembangan mengacu pada pendapat Borg and Gall. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Manggarmas dan SDN 2 Harjowinangun Kabupaten Grobogan, dengan alat pengumpul data yang digunakan antara lain: angket/ kuisioner, tes, Observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas instrument, uji normalitas, homogenitas, uji independent sample t-test, dan Uji n-Gain. Hasil pengembangan produk selanjutnya divalidasi oleh validator ahli materi dan memperoleh nilai 83% kategori sangat valid dan layak, sedangkan dari ahli media memperoleh nilai 83% kategori sangat valid dan layak. Revisi di beberapa bagian sesuai saran dari validator. Selanjutnya media video animasi diterapkan pada kelas eksperimen untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, diperoleh hasil skor rata-rata dari angket instrumen motivasi belajar siswa diperoleh 3,31 dengan prosentase 83% kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan hasil belajar siswa, diperoleh N-gain adalah 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan dari uji t diperoleh hasil thitung sebesar -4,601. Dalam ttabel dengan df 65 dengan taraf signifikan α (0,05) didapatkan nilai -12.54011. Dengan hasil -thitung < -ttabel, maka diperoleh hasil terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen. Kesimpulannya adalah penggunaan media video animasi pembelajaran tematik efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd II) Dr. Santoso, M. Pd |
Kata Kunci: | Media video animasi,motivasi belajar, tematik, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:32 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |