KHOTIMA, DEKA AYU (2021) Pengembangan model pembelajaran eksperimen ipa tema 2 udara bersih bagi kesehatan berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa sd di kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman judul)
JUDUL.pdf - Published Version Download (722kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (223kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (232kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis kebutuhan model pembelajaran eksperimen hasil belajar IPA Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Materi Organ Pernapasan Pada Makhluk Hidup berbasis android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD di Kudus, (2) Mendesain model pembelajaran eksperimen hasil belajar IPA Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Materi Organ Pernapasan Pada Makhluk Hidup berbasis android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD di Kudus, (3) Menganalisis kelayakan model pembelajaran eksperimen hasil belajar IPA Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Materi Organ Pernapasan Pada Makhluk Hidup berbasis android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD di Kudus, (4) Menganalisis efektifitas model pembelajaran eksperimen hasil belajar IPA Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Materi Organ Pernapasan Pada Makhluk Hidup berbasis android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD di Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development ( R&D ). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil pretest dan posttest, analisis kelayakan model, dan efektivitas. Hasil penelitian ini dijabarkan dalam analisis kebutuhan, desain model, uji kelayakan, dan uji efektifitas. Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa perlu adanya model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Maka digunakanlah model pembelajaran IPA berbasis android. Pada desain model menggunakan sepuluh langkah penelitian dengan produknya yaitu buku panduan dan aplikasi pembelajaran berbasis android. Uji kelayakan dengan uji N Gain yang menunjukkan rata-rata kelas eksperimen 0,8 dengan Gain Klasifikasi tinggi dengan tingkat efektifitas “efektif” (g>0,70). Selain itu uji kelayakan juga dengan Uji Expert Judgment terdiri dari ahli Media, materi, dan pembelajaran. Hasil penilaian dari ahli materi dan media memperoleh skor rata-rata validitas yaitu 87,71% (kategori “sangat baik”). Uji efektifitas dengan uji homogenitas, normalitas, dan t. Pada uji homogenitas diketahui nilai signifikansi hasil belajar siswa adalah 0,151 > nilai α =0,05 maka H0 diterima. Uji normalitas di peroleh nilai signifikansi untuk hasil belajar siswa yaitu lebih dari 0,05 maka berdistribusi normal. Uji t, hasil belajar siswa kelas 5 menggunakan uji paired samples t test, diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Dr. Su’ad, M. Pd 2. Dr. Santoso, M. Pd |
Kata Kunci: | Pengembangan, Eksperimen, Android |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar Teknologi > Teknologi (umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:48 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16110 |
Actions (login required)
View Item |