Manajemen gerakan literasi sekolah di smp 1 kudus

ISMAYAWATI, TRI (2022) Manajemen gerakan literasi sekolah di smp 1 kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (824kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan minat membaca dan menulis peserta didik SMP di Kudus. Metode Penelitian ini manajemen peserta didik yang berfokus pada perencanaan, penggerakan, dan pengawasan dengan tujuan literasi sekolah. Minat literasi yang ingin dicapai dengan manajemen peserta didik setidaknya meliputi beberapa hal berikut, yakni ; 1) peserta didik membaca buku setiap pagi selama 20 menit sebelum pelajaran dimulai; 2) peserta didik menulis laporan buku yang telah dibaca 3) hasil bacaan diserahkan ke guru pengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik SMP 1 Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:, (1) Manajemen yang dilakukan menggunakan empat tahap. Tahap perencanaan membuat tim satuan tugas literasi. Pada tahap pengorganisasian, tim satuan tugas beserta tim melakukan program-program yang sudah direncanakan. Pada tahap pelaksanaanan, tim satuan tugas bekerja sama dengan sekolah untuk melakukan terobosan baru untuk meningkatkan minat baca warga sekolah. Pada tahap pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan melakukan rapat evaluasi. 2) Strategi peningkatan minat baca masyarakat dengan melakukan kerjasama sekolah, sosialisasi, pengadaan lomba-lomba literasi, bedah buku, perpustakaan keliling, gazebo pintar, layanan Audio Visual. 3) Faktor penghambat pada penerapan proram literasi yaitu kendala pada waktu luang masyarakat terbatas, Faktor pendukung yaitu respon masyarakat dan antusiasme anak-anak terhadap, variasi program yang di lakukan oleh setiap ketua perpustakaan agar bisa meningkatkan masyarakat terhadap literasi. 4) Hasil manajemen program literasi yaitu meningkatnya kesadaran warga SMP 1 Kudus pada literasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd 2. Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd
Kata Kunci: literasi, manajemen pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah Menengah Pertama
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:30
Last Modified: 24 Mar 2022 03:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16122

Actions (login required)

View Item View Item