Pengembangan modul permainan fun reading dalam pengenalan literasi awal untuk anak usia dini di kabupaten rembang

Mutmainah, Mutmainah (2022) Pengembangan modul permainan fun reading dalam pengenalan literasi awal untuk anak usia dini di kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Awal.pdf - Published Version

Download (896kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis kebutuhan modul permainan Fun Reading dalam Pengenalan Literasi Awal Untuk Anak Usia Dini di Kabupaten Rembang (2) Merumuskan desain modul permainan Fun Reading dalam Pengenalan Literasi Awal (3) Menganalisis kelayakan modul permainan Fun Reading dalam Pengenalan Literasi Awal Untuk Anak Usia Dini di Kabupaten Rembang (4) Menganalisis keefektifan modul permainan Fun Reading dalam Pengenalan Literasi Awal Untuk Anak Usia Dini di Kabupaten Rembang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Researt & Development yang dikemukakan oleh Borg and Gall ( 1983) dengan 10 tahapan. Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah Populasi dalam penelitian ini anak TK kelompok B TK Dharma Wanita Desa Dresi Wetan Kecamatan Kaliori kabupaten Rembang, TK Negeri 2 Kabupaten Rembang dan TK Ringin Putera Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang yang berjumlah 30 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan obsevasi, angket , wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, uji persyaratan dan uji t. Hasil penelitian didapatkan data yaitu analisa kebutuhan diketahui melalui observasi dan wawancara kepada anak, orang tua dan guru bahwa pada selama ini belum ada buku pedoman untuk guru tentang pembelajaran pengenalan literasi awal, sehingga pembelajaran dilaksanakan tidak sesuai karakteristik anak , yaitu belajar melalui bermain , atau bermain seraya belajar Maka segera dilakukan Pengembangan dengan menentukan tema, tujuan, sumber belajar, ukuran modul untuk diproduksi. Uji kelayakan secara kualitatif dengan validasi ahli materi yang mendapatkan skor 91,2% ( layak), validasi ahli Bahasa mendapatkan skor 85 % ( layak), dan uji kelayakan dari ahli media sebesar 87,5% ( layak ) / Melihat respon guru dengan nilai 92% (sangat suka), respon siswa dengan skor 94% (sangat suka), respon orangtua 92% (sangat suka). Validasi kuantitatif mendapatkan nilai valid dan reliabel. Uji efektivitas dengan uji coba terbatas mendapatkan nilai t hitung (-9.331) > t tabel (2.101). Kelas eksperimen sebanyak 10 orang mendapatkan nilai rata-rata 69.10 dengan Nilai N-Gain % sebesar 81.44 yang ditafsirkan dalam katagori cukup efektif. Kelas kontrol sebanyak 10 orang mendapatkan nilai rata-rata 51.90 dengan Nilai N-Gain sebesar 52.78 dengan kategori tidak efektif. Uji coba luas didapatkan nilai p value dengan nilai sig. 0.000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Buku Panduan Permainan Fun Reading sangat dibutuhkan untuk dapat merangsang perkembangan keaksraan awal anak , karena penggunaan buku panduan permainan Literasi Fun Reading menjadi alternatif dan referensi bagi guru dalam mengenalkan keaksaraan awal anak usia dini sehingga harapan orang tua agar anak-anaknya bisa membaca dapat terpenuhi tanpa menyalahi perkembangan anak usia dini, yaitu belajar sambil bermain yang menyenangkan

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: (I) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd (II) Dr. Gudnanto, M.Pd. Kons.
Kata Kunci: Anak Usia Dini , Literasi , Permainan Fun Reading
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan anak usia dini
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Membaca (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Mar 2022 09:16
Last Modified: 25 Mar 2022 09:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16152

Actions (login required)

View Item View Item