Model pengembangan media permainan interaktif popoin untuk mengoptimalkan kemampuan menyimak dan berbicara anak tk di kabupaten jepara

Hartutik, Sri (2021) Model pengembangan media permainan interaktif popoin untuk mengoptimalkan kemampuan menyimak dan berbicara anak tk di kabupaten jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (759kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk.1). Mengalisis kebutuhan tentang media pembelajaran untuk Mengoptimalkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak pada lembaga TK di Kabupaten Jepara. 2). Mendiskripsikan pengembangan media pembelajaran permainan Power Point Interaktif (POPOIN) pada lembaga TK di Kabupaten Jepara, 3). Menganalisis kelayakan media pembelajaran permainan Power Point Interaktif (POPOIN) pada lembaga TK di Kabupaten Jepara, 4) Menganalisis efektivitas model pembelajaran dengan Media permainan Power Point Interaktif (POPOIN) untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada lembaga TK di Kabupaten Jepara Metode penelitian menggunakan Research and Development diadopsi dari Borg dan Gall dengan tiga tahapan yang disederhanakan yaitu pendahuluan, pengembangan, dan uji efektivitas. Teknik pengambilan data melalui observasi, angket dan dokumentasi.. Analisis data dengan uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji prasyarat analisis (uji normalitas dan homogenitas), Uji kelayakan dari validasi ahli media dan ahli materi. uji keefektifan (uji independent sample t test, paired t tess dan uji ngain) Hasil penelitian adalah 1) berdasarkan analisis kebutuhan diperlukan media pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran anak TK, sehingga mampu menumbuhkan keaktifan dan minat belajar anak dan dapat belajar sambil bermain 2) Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media permainan power point interaktif (POPOIN). Pengembangan POPOIN ada 8 tema dan setiap tema ada 11 slide terdiri dari 1 menu utama dan 10 materi dan permainan. Media powerpoin berupa paparan dengan gambar dan suara yang dapat digunakan untuk permainan. 3) Media permainan power point interaktif dinyatakan layak digunakan untuk media pembelajaran bagi anak TK di Kabupaten Jepara berdasarkan hasil validasi media sebesar 80,6 dengan katagori tinggi dan layak serta hasil validasi materi sebesar 83 dengan kriteri layak 4) Media permainan power point interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan keefektifan dan minat belajar anak di lembaga TK Jepara. Keefektifan media permainan power point interaktif berdasarkan uji coba produk terbatas dan uji coba produk luas dengan hasil t hitung > t tabel dan uji n-gain pada uji terbatas dalam katagori efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. M.Widjanarko, M.SI II) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran TIK, Permainan POPOIN, Anak Usia Dini, Menyimak dan berbicara
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan anak usia dini
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Taman kanak-kanak
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Mar 2022 02:26
Last Modified: 26 Mar 2022 02:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16158

Actions (login required)

View Item View Item