Pengembangan media monopoli matematika berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar peserta didik

Herawati, Shinta (2022) Pengembangan media monopoli matematika berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar peserta didik. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran tambahan yang berbasis media elektronik dalam pembelajaran matematika di SMP 4 Bae. Berdasarkan angket yang diisi oleh peserta didik 75% peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang menarik yang dapat menumbuhkan minat belajar dan 80% peserta didik tertarik dengan bahan ajar berbasis yang mengarah pada aplikasi android sebagai media pendamping dalam pembelajaran matematika. Guru menyatakan pada wawancara yang dilakukan peneliti bahwa selain menambah pendamping bahan pembelajaran, minat peserta didik pun harus ditingkatkan agar peserta didik antusias dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) mengembangkan media monopoli matematika berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar peserta didik kelas VIII; (2) menguji validitas media monopoli matematika berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar kelas VIII; (3) menguji kepraktisan media monopoli matematika berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar kelas VIII. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VIIIB SMP 4 Bae. Adapun langkah-langkah penelitian ini menggunakan ADDIE antara lain: (1) Analyze; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation;(5) Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis proses pengembangan media, validitas media, dan analisis kepraktisan media Media monopoli matematika didesain semenarik mungkin yang berisikan materi, kompetensi dasar,kompetensi inti, contoh soal dan evaluasi. Keunggulan dari aplikasi ini yakni didalamnya terdapat papan permainan yang dimana papan tersebut berisi soal sistem persamaan linear dua variabel berbasis kemampuan pemecahan masalah dan kuis yang dapat dikerjakan peserta didik dengan cara bermain. Hasil kevalidan menunjukkan bahwa media monopoli matematika termasuk dalam kriteria valid dengan skor 3,4. Hasil penilaian kepraktisan guru dan peserta didik, penilaian yang diberikan guru termasuk kriteria praktis dengan skor 3,2 dan penilaian peserta didik menyatakan media monopoli matematika praktis dengan sjor 3,00. Berdasarkan hasil yang sudah dipaparkan, media dinyatakan valid,praktis. Sehingga media monopoli matematika dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variabel.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd. (2) Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Monopoli matematika,Pemecahan Masalah Matematis, Minat Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah Menengah Pertama
Ilmu Murni > Matematika
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:27
Last Modified: 28 Mar 2022 07:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16189

Actions (login required)

View Item View Item