The types of hedges in tghe skripsi review of related literature and method of the research section written by the english education departement students of muria kudus university

Kurniati, Diah and Rokhayani, Atik (2013) The types of hedges in tghe skripsi review of related literature and method of the research section written by the english education departement students of muria kudus university. [Experiment]

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (53kB)
[thumbnail of BAB I]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (21kB)
[thumbnail of BAB II]
Preview
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB III]
Preview
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (79kB)
[thumbnail of BAB IV]
Preview
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (12kB)
[thumbnail of BAB V]
Preview
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (48kB)
[thumbnail of BAB VI]
Preview
PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (8kB)

Abstrak

BagimahasiswaUniversitasMuria Kudus, menulisskripsimerupakansuatukeharusansebelummerekamenyelesaikanstudi.Skripsitersebutmerupakansalahsatubentuktulisanilmiah. Ada beberapakarakteristikdalamtulisanilmiah, salahsatunyaadalahpenggunaanhedges. Hedges dapatdiartikansebagaisuatuekspresi yang digunakanolehpenulisilmiahuntukmengemukakanpendapatdengancara yang lebihhalusdandapatditerima (Hyland : 115). Penelitianinibertujuanuntuk: 1) mengidentifikasijenis-jenishedges yang digunakan di bagianKajianPustakapadaskripsimahasiswa Program StudiPendidikanBahasaInggris, FKIP UMK, 2) mengidentifikasijenis-jenishedgesyang digunakan di bagianMetodologiPenelitianpadaskripsimahasiswa Program StudiPendidikanBahasaInggris, FKIP UMK. Penelitianinitermasukjenispenelitiandeskriptifkualitatif. Data daripenelitianiniadalahtipe-tipehedges di bagianKajianPustakadanMetodologiPenelitianpadaskripsimahasiswa Program StudiPendidikanBahasaInggris, FKIP UMK. Sedangkansumberdatanyaadalah 10 bagianKajianPustakadanMetodologiPenelitianpadaskripsimahasiswa Program StudiPendidikanBahasaInggris, FKIP UMK daritahun 2007-2011. Dari hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada tujuh tipe hedges yang ditemukan di bagianKajianPustakadanenamtipehedges di bagianMetodologiPenelitianpadaskripsimahasiswa Program StudiPendidikanBahasaInggris, FKIP UMK. Tipe-tipeituadalahmodal auxiliary verbs, modal lexical verbs, adjectival, adverbial and nominal modal phrases, approximators of degree, quantity, frequency and time, introductory phrases, if clauses, compound hedges. Frekuensitipehedges yang ditemukan di bagianKajianPustakapadaskripsiadalahmodal auxiliary verb (58.9%), modal lexical verbs (4.9%), adjectival, adverbial and nominal modal phrases ( 2% ), approximators of degree, quantity, frequency and time (18.8% ), introductory phrases (9,2%), if clauses (4,6%), compound hedges (3,5%). Sedangkantipehedges yang ditemukan di bagianMetodologiPenelitianpadaskripsiadalahmodal auxiliary verb (64%), modal lexical verbs (11%),approximators of degree quantity, frequency and time (4% ), adjectival, adverbial and nominal modal phrases ( 2% ), introductory phrases (9%),if clauses (10%).Sedangkantipe Compound hedges tidakditemukandalambagiantersebut.Hasiltemuantersebutdapatditarikkesimpulanbahwaparapenulisskripsilebihsukamenggunakanmodal auxiliary verbketikamenuliskarenamerekainginmenunjukkankepercayaandiriterhadapkebenaraninformasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti mengajukan saran-saran sebagai berikut: 1) Setiap mahasiswa dapat memahami dan menggunakan hedges dengan tepat tidak hanya dalam menulis skripsi tetapi juga dalam menulis jurnal, artikel, essay, dsb. 2) Dosen harus mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana mengidentifikasi dan menggunakan hedges dengan tepat tidak hanya dalam menulis skripsi tetapi juga dalam menulis jurnal, artikel, essay, dsb. 3) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dengan topik hedges disarankan tidak hanya menganalisis tipe-tipe hedges tetapi juga menganalisis fungsi hedges di bagian lain dari skripsi seperti Pendahuluan dan Pembahasan dan juga menganalisis jurnal, artikel, essay, dsb.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: hedges, skripsi, academic writing
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Aug 2013 03:21
Last Modified: 31 Aug 2013 03:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item