Masturi, - and Fathurohman, Irfai and roysa, mila and fajrie, nur (2013) Peningkatan ketrampilan membaca puisi dengan teknik pemodelan melalui media audiovisual. [Experiment] (Unpublished)
Preview |
PDF (HAL JUDUL)
Bagian_Lampiran_depan.pdf - Accepted Version Download (162kB) |
Preview |
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf - Accepted Version Download (98kB) |
Preview |
PDF (BAB II)
BAB_2.pdf - Accepted Version Download (151kB) |
Preview |
PDF (BAB III)
BAB_3.pdf - Published Version Download (117kB) |
Preview |
PDF (BAB IV)
BAB_4.pdf - Accepted Version Download (858kB) |
Preview |
PDF (BAB V)
BAB_5.pdf - Accepted Version Download (54kB) |
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAK1.pdf - Accepted Version Download (52kB) |
PDF (LAMPIRAN)
Isi_lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (181kB) |
Abstrak
ABSTRAK Aspek keterampilan berbahasa yang salah satunya membaca, akan terdorong kemajuannya apabila diterapkan melalui penggunaan media yang ada. Keterampilan membaca puisi dapat dilakukan melalui media audiovisual . Gamba ran siswa terhadap penggunaan media akan semakin luas, bukan dari gurunya saja yang dijadikan sebagai sumber pembelajaran, melainkan melalui media - media yang sudah ada yang salahsatunya yaitu media audiovisual. Wujud nyata tentang kejadian - kejadian yang ad a di alam serta berbagai contoh yang ada pada materi pembelajaran akan menambah konsep pemikiran siswa bahwa membaca puisi dapat diberikan berbagai alternatif pilihan melalui media audiovisual. Rumusan masalah merupakan penuntun bagi langkah - langkah yang a kan dilakukan peneliti dalam kegiatan penelitiannya (Syamsuddin dan Pamaranti, 2006: 48). Berdasarkan latar belakang maka rumusan mas alah pada penelitian ini yaitu (1) a pakah penggunaan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V SD Bulungcangkring kecamatan Jekulo Kudus , (2) b agaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca puisi melalui media audivisual pada siswa kelas V SD Bulungcangkring kecamatan Jekulo Kudus , (3) b agaimana pengaruh yang timbul ketika penerapan keter ampilan membaca puisi melalui audiovisual pada siswa kelas V SD Bulungcangkring kecamatan Jekulo Kudus . Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca puisi dengan menggunakan media audiovisual . Peningkatan ini dapat dilihat berdasarkan hasil tes membaca puisi yang dilakukan siswa kelas V SD N 5 Bulungcangkring Jekulo Kudus yang meliputi hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil tes pada siklus I menunjukkan nilai rata - rata kelas sebesar 50. Pada siklus II nilai rata - rata kelas meningkat menjadi 72,7, artinya terjadi peningkatan sebesar 22,7% dari siklus I ke siklus II dan hasil yang dicapai tersebut sudah memenuhi target yang telah ditetapkan. Peningkatan nilai rata - rata ini membuktikan keberhasilan pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan media audiovisual
Item Type: | Experiment |
---|---|
Dosen Pembimbing: | edisi |
Kata Kunci: | audio visual, pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Aug 2013 02:42 |
Last Modified: | 23 May 2014 03:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1643 |
Actions (login required)
View Item |