Pembelajaran IPS sejarah berwawasan sets

Purbasari, Imaniar (2013) Pembelajaran IPS sejarah berwawasan sets. Prosiding seminar nasional : sains dan pendidikan sains terpadu bervisi sets.. pp. 32-36.

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (SAMPUL) - Accepted Version
Download (5MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR ISI) - Accepted Version
Download (840kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (ARTIKEL) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang

Abstrak

IPS Sejarah merupakan pengetahuan masa lampau mencakup konteks fenomena di masyarakat, peristiwa aktual, permasalahan sosial, isu hangat yang tegnah berkembang, jiwa zaman dan perkembangan keilmuan mutakhir. Kebermaknaan pembelajaran dicapai melalui pengaitan materi dengan konteks kekinian dan konteks lokal yang terjadi di sekitar siswa, sehingga makna dari sebuah peristiwa sampai pada peserta didik. Pengaitan materi IPS Sejarah dengan konteks kekinian dan apa yang dialami di sekitar siswa dapat dihubungkan dengan wawasan SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Sebagai contoh politik eits yang dijalankan kolonial sebagai bentuk balas budi terhadap daerah jajahan yang telah memberikan kontribusi terhedap Belanda, merupakan pembelajaran yang berwawasan SETS bila dikaitkan dengan perkembangan kehidupan kekinian. Sejarah politik etis sebagai bagian dari science. Pelaksanaan politik etis (edukasi , irigasi, emigrasi) menggunakan teknologi kolonial sebagai usaha perbaikan hidup dan perbaikan ekonomi masyarakat Indonesia. Pemanfaatan optimal lingkungan yang dibentuk kolonial dalam rangka pelaksanaan politik etis memanfaatkan lingkungan alam Indonesia sesuai dengan potensinya. Melalui wawasan SETS siswa diajak mengaitkan materi dengan manfaat kekinian yang bisa mereka lihat disekeliling mereka. Peran guru IPS Sejarah harus mampu membelajarkan siswa meski tidak secara pragmatis, namun mampu menarik konteks masa lalu dan menghubungkannya dengan masa kini bahwa pembelajaran sejarah tidak hanya masa lalu tapi merupakan sebuah science yang saling berinteraksi dengan teknologi, masyarakat dan lingkungan sejak jaman dahulu hingga sekarang. Sehubungan dengan hal tersebut maka pengembangan materi guru perlu berwawasan SETS untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perlu usaha aktif dari guru untuk memberi makna pembelajran IPS Sejarah, sehingga siswa memperoleh hasil optimal pembelajaran sejarah. Makalah ini memberikan pengenalan dan penjelasan mengenai pembelajaran IPS Sejarah berwawasan SETS bukan secara pragmatis.

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: Pelajaran IPS sejarah, berwawasan SETS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 21 Sep 2013 03:37
Last Modified: 21 Sep 2013 03:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item