Eksperimentasi pembelajaran matematika menggunakan realistic mathematics education (rme) ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa (penelitian dilakukan di sd negeri 2 barongan kudus)

Kanzunnudin , Mohammad dan Zuliana, Eka dan Bintoro, Henry Suryo (2013) Eksperimentasi pembelajaran matematika menggunakan realistic mathematics education (rme) ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa (penelitian dilakukan di sd negeri 2 barongan kudus). [Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat]

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL DEPAN) - Accepted Version
Download (152kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (ARTIKEL) - Accepted Version
Download (135kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (ISI LAPORAN) - Accepted Version
Download (283kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Masalah pada penelitian ini adalah: (1) apakah pembelajaran matematika menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (2) apakah terdapat pengaruh kreativitas belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) apakah terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 × 3. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kota Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 92 responden yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika dan instrumen angket kreativitas belajar matematika siswa. Uji prasyarat Analisis Variansi menggunakan uji Lillifors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Dengan α = 0,05 menunjukkan (1) F = o,8131 < 3,965 = F = F berarti tidak terdapat perbedaan pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika pada materi luas trapesium dan layang-layang. Hal tersebut tidak sesuai dengan hipotesis teori, (2) F = 1,7390 < 3,115 = F = F berarti tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang, dan rendah. Hal tersebut tidak sesuai dengan hipotesis teori, (3) F = 0,0524 < 3,115 = F = F berarti perbedaan prestasi dari masing-masing metode pembelajaran konsisten pada masing-masing tingkat kreativitas belajar dan adanya perbedaan prestasi belajar dari masing-masing tingkat kreativitas belajar konsisten pada masing-masing metode pembelajaran. Hal tersebut tidak sesuai dengan hipotesis teori.

Tipe dokumen: Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), Pendidikan Matematika Realistik dan Kreativitas Belajar matematika.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 01 Oct 2013 07:56
Last Modified: 02 Oct 2013 04:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item