Peran Guru Realistik Dalam Pembentukan Karakter Dan Konstruksi Pengetahuan Matematis

Zuliana, Eka (2013) Peran Guru Realistik Dalam Pembentukan Karakter Dan Konstruksi Pengetahuan Matematis. seminar nasional 2013 peranan guru profesional dan berkarakter dalam pembangunan sumber daya manusia . pp. 73-82.

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (SAMPUL) - Accepted Version
Download (12MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR ISI) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (ISI ARTIKEL) - Accepted Version
Download (143kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Studi penelitian PISA dan TIMSS menunjukkan hasil yang tidak memuaskan terkait prestasi siswa Indonesia dalam bidang matematika. Kemampuan siswa dalam berpikir matematis hanya sampai pada kecakapan teknis dan menghitung. Sedangkan pemahaman matematis, kemampuan bernalar dan pemecahan masalah masih sangat kurang. Disinilah tanggung jawab seorang guru sebagai desainer utama dalam proses pembelajaran. Pemerintah telah menetapkan bahwa seorang guru diharuskan memiliki empat kompetensi utama: kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Terkait kompetensi pedagogik dan profesional seorang guru diharuskan mampu menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik serta mampu menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif. Siswa SD yang masih berada pada tahap operasional konkret membutuhkan seorang guru yang mampu menjadikan konkretnya pengetahuan dan pengalaman mereka sebagai sumber belajar. Guru realistik berperan dalam konstruksi pengetahuan matematis siswa dengan menjadikan real world, pengalaman, kebiasaan, budaya di lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dan pembentukan karakter mereka.

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: Guru Realistik, Karakter dan Konstruksi Pengetahuan Matematis.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 02 Oct 2013 04:17
Last Modified: 02 Oct 2013 04:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item