Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa Yang Rendah (Penelitian Pada Siswa Sma 2 Bae Kudus)

Sutarti, - dan Lestari, Indah dan sya'diyah, nurus dan dewi , riyana eka dan nurliana, runia (2013) Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa Yang Rendah (Penelitian Pada Siswa Sma 2 Bae Kudus). [Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat]

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (210kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (BAB I) - Accepted Version
Download (59kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (BAB II) - Accepted Version
Download (102kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (BAB III) - Published Version
Download (58kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (BAB IV) - Accepted Version
Download (261kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (BAB V) - Accepted Version
Download (13kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (11kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Download (702kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Siswa usia SMA merupakan masa remaja yang cenderung mudah bergolak dan keguncangan. perilaku mereka cenderung berfikir pendek dan ingin cepat dalam memecahkan berbagai permasalahan kehidupan. Akhirnya tidak jarang remaja yang terjerumus dalam kasus-kasus yang melanggar norma. Hal ini menunjukkan masih kurangnya kontrol dan rendahnya kecerdasan emosional remaja. Oleh karena itu sudah sepatutnya hal ini mendapat perhatian dari guru, khususnya guru BK untuk mewujudkan siswa-siswi yang cerdas dan berkarakter. Masalah penelitian ini adalah bagaimana model bimbingan kelompok berbasis Islami yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa? Tujuan penelitian ini menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis Islami yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Educational Research and Development). Sampel sejumlah 10 siswa dipilih secara purposive sampling. Model bimbingan kelompok berbasis Islami yang dikembangkan merupakan proses pemberian bantuan oleh konselor kepada individu melalui suasana kelompok dengan berlandaskan pada nilai-nilai islam dalam Al-qur’an dan hadist, yang memungkinkan setiap anggota untuk belajar berpartisipasi aktif dengan memanfaatkan pikiran dan pengalaman anggota kelompok. Subjek uji coba adalah kelas X SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Pada tataran teknis dilakukan sebagai berikut: metode analisis deskriptif, metode partisipatif kolaboratif, dan metode Quasi eksperimen. Hasil secara umum dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis islami efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa, karena ditemukan bahwa uji t = 18.471 > t tabel 5% = 2,262, maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel. Disarankan: bagi guru khususnya guru bimbingan dan konseling untuk selalu meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling, dan model bimbingan kelompok berbasis Islami yang dikembangkan dalam penelitian ini hendaknya dapat digunakan konselor sebagai salah satu model layanan dalam membantu siswa SMA untuk meningkatkan kecerdasan emosional.

Tipe dokumen: Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok Berbasis Islami, Kecerdasan Emosi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 29 Oct 2013 02:56
Last Modified: 29 Oct 2013 02:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item View Item