Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd 1 Jurang Kabupaten Kudus

Kustiyani, - (2013) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd 1 Jurang Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (559kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB)
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (456kB)
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (435kB)
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB)
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (158kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (235kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran matematika siswa kelas V SD 1 Jurang Kabupaten Kudus masih menggunakan pendekatan teacher centered dengan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas, selain itu siswa juga belum pernah melakukan penyelidikan terhadap konsep penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan sehingga hasil belajar dan aktivitas penyelidikan siswa rendah. Fakta rendahnya hasil belajar tersebut dilihat dari data hasil penilaian tes awal (pretest) dengan nilai rata-rata 61,47 (KKM 65) dengan ketuntasan klasikal 47,06%. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas penyelidikan tersebut, peneliti memberi tindakan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD 1 Jurang Kabupaten Kudus? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD 1 Jurang Kabupaten Kudus. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran matematika di SD 1 Jurang Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi.. Lokasi penelitian di SD 1 Jurang Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2012/2013, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 1 Jurang Kabupaten Kudus tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar yang menggembirakan. Pada siklus I nilai rata-rata 71,76 dengan ketuntasan klasikal 70,59%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76,47 dengan ketuntasan klasikal 88,23%. Rata-rata persentase aktivitas belajar pada siklus I sebesar 53,12% dan siklus II meningkat menjadi 79,69%. Pengelolaan pembelajaran juga terjadi peningkatan, yaitu siklus I sebesar 68,75% dan siklus II meningkat menjadi 76,25%. Jadi, penelitian ini sesuai dengan hipotesis penelitian bahwa model pembelajaran tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD 1 Jurang Kabupaten Kudus. Berdasarkan fakta empirik tersebut disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan siswa kelas V SD 1 Jurang Kabupaten Kudus tahun ajaran 2012/2013. Pihak peneliti berikutnya yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation disarankan untuk memperbaiki Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan alat peraga yang lebih menarik

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1: Drs. Sucipto, M.Pd, Kons. NIS. 0610713020001015 Pembimbing 2 : Eka Zuliana, S.Pd., M.Pd. NIS. 0610701000001221
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Group Investigation.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 14 Nov 2013 02:02
Last Modified: 14 Nov 2013 02:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item