Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Pada Materi Bentuk Energi Kelas Iv Sdn 3 Purwosari Kudus

Sulistiyani, Anisa (2013) Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Pada Materi Bentuk Energi Kelas Iv Sdn 3 Purwosari Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (859kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB)
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (343kB)
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (260kB)
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (390kB)
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (129kB)
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (86kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (79kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB)

Abstrak

Hasil Observasi awal peneliti terhadap pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 3 Purwosari dan hasil pretest yang diberikan peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa relatif rendah, ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh adalah 25,64%. Belum optimalnya hasil belajar siswa ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor antara lain aktivitas siswa cenderung pasif dan guru kurang dalam menggunakan pendekatan dan strategi pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti berusahauntuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Tujuan pembelajaran IPA dalam Depdiknas tahun 2006 adalah agar peserta didik: memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya, mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat, mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan, meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam, meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan, memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 3 Purwosari Kudus? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 3 Purwosari Kudus. Kualitas Pembelajaran adalah tingkat keberhasilan untuk pencapaian tujuan dalam proses memfasilitasi dan mengorganisir lingkungan bagi peserta didik. Mind Mapping adalah cara mencatat yang kreatif, efektif dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran. Mind Mapping juga merupakan peta rute yang memudahkan ingatan dan memungkinkan untuk menyusun fakta dan pikiran. IPA adalah suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah seperti observasi dan eksperimen.Bentuk Energi yang dibahas dalam penelitian ini ada 2 yaitu energi panas dan energi bunyi. Penelitian TindakanKelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 3 Purwosari Kudus. Jumlah siswa sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Variabel penelitian ini meliputi: keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Mind Mapping. Rata- rata keterampilan guru meningkat dari 66,67% kategori cukup (C) siklus I, menjadi 85,42% kategori sangat baik (SB) siklus II. Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 66,67% kategori cukup (C) siklus I, menjadi 85,28% kategori sangat baik (SB) siklus II. Rata-rata hasil belajar IPA meningkat dari 63,33 dengan ketuntasan klasikal 25,64% kategori rendah (pretest), mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 77,03 dengan ketuntasan klasikal 74,36% kategori tinggi (siklus I), dan mengalami peningkatan rata-rata 86,36 dengan ketuntasan klasikal 92,31% kategori sangat tinggi (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping teruji dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang diindikasikan pada peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 3 Purwosari Kudus. Saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru harus terus berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping yang dapat meningkatkan keaktifan siswa, minat belajar, kreativitas dan daya imajinasi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs.Susilo Rahardjo.M.Pd Pembimbing 2 : Khamdun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping, Kualitas Pembelajaran, IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 14 Nov 2013 01:58
Last Modified: 14 Nov 2013 01:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1751

Actions (login required)

View Item View Item