Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Wergu Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013

Puspitasari, Dwi Lina (2013) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Wergu Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (747kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB)
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (667kB)
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (296kB)
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (79kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (165kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB)

Abstrak

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini ialah hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 2 Wergu Kulon hasilnya rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes ulangan harian IPA dari 17 siswa kelas IV yang tuntas hanya 6 siswa (35,3%), dan tidak tuntas 11 siswa (64,7%) dengan nilai rata-rata kelas 57,6. Kondisi tersebut masih jauh dari yang diharapkan. Pembelajaran IPA dalam kurikulum KTSP kelas IV SD 2 Wergu Kulon Kudus dianggap tuntas apabila 75% siswa mencapai . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah melalui penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi benda dan sifatnya siswa kelas IV SD 2 Wergu Kulon tahun pelajaran 2012/2013?; 2)Apakah melalui penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siwa pada pembelajaran IPA materi benda dan sifatnya kelas IV SD 2 Wergu Kulon tahun pelajaran 2012/2013?; 3)Apakah melalui penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas guru pada pembelajaran IPA materi benda dan sifatnya kelas IV SD 2 Wergu Kulon tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah 1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada materi benda dan sifatnya melalui penerapan metode inkuiri siswa kelas IV SD 2 Wergu Kulon tahun pelajaran 2012/2013; 2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan metode inkuiri pada siswa kelas IV SD 2 Wergu Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013; 3) untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dalam pembelajaran IPA melalui penerapan metode inkuiri pada siswa kelas IV SD 2 Wergu Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari C. Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I dengan 3 pertemuan dan siklus II dengan 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang pembelajaran. Teknik tes digunakan untuk melihat hasi tes setelah tindakan. Data hasil observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan hasil tes dianalisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD 2 Wergu Kulon Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal siswa yang tuntas hanya 6 siswa (35,3%) dengan rata-rata 57,6 setelah dilakukan tindakan, pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 13 siswa (76,5%) dengan rata-rata 70,3. Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 15 siswa (88,2%) dengan rata-rata 80. Sedangkan pada hasil observasi siklus I yaitu prosentase aktivitas siswa sebesar 75% berada pada kriteria baik dan prosentase hasil observasi pengelolaan pembelajaran oleh guru sebesar sebesar 77,4% berada pada kriteria baik. Pada siklus II prosentase aktivitas siswa meningkat menjadi 93,75% berada pada kriteria sangat baik dan prosentase pengelolaan pembelajaran oleh guru meningkat menjadi 89,3% dengan kriteria sangat baik. Penulis menyarankan bagi guru-guru SD untuk dapat mencoba menerapkan metode inkuiri sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas menjadi menarik juga menyenangkan, sehingga pelaksanaan pembelajaran lebih bermakna, dan dapat meningkatkan keaktifan siswa, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar IPA

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs.Sabar Rutoto, M.Pd Pembimbing 2 : Khamdun, S.Pd, M,Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Inkuiri, Hasil Belajar, dan IPA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 02 Nov 2013 05:15
Last Modified: 02 Nov 2013 05:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item