Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Role Playing Pada Siswa Kelas V Sdn 6 Terban Kudus

Kusumaningtyas, Fenty (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Role Playing Pada Siswa Kelas V Sdn 6 Terban Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (278kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB)
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (293kB)
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (766kB)
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (377kB)
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (372kB)
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (164kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB)

Abstrak

Mata pelajaran bahasa Indonesia dimaksudkan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa. Salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sangat penting peranannya dalam upaya melahirkan generasi masa depan yang cerdas, kritis, kreatif, dan berbudaya yaitu keterampilan berbicara. Siswa dapat menjadikan drama sebagai media untuk mengembangkan keterampilan berbicara. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif role playing dalam drama pada siswa kelas V SDN 6 Terban Kudus? dan (2) apakah ada peningkatan keterampilan berbicara dalam drama melalui model pembelajaran kooperatif role playing pada siswa kelas V SDN 6 Terban Kudus? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif role playing dalam drama pada siswa kelas V SDN 6 Terban Kudus, dan (2) menemukan peningkatan keterampilan berbicara dalam drama melalui model pembelajaran kooperatif role playing pada siswa kelas V SDN 6 Terban Kudus. Dalam penelitian ini keterampilan berbicara dalam drama yang dimaksud adalah kemampuan mengungkapkan pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh dalam drama. Penilaian keterampilan berbicara ini didasarkan pada lima aspek drama yaitu lafal, intonasi, penghayatan, ekspresi, dan improvisasi. Role playing juga dikenal dengan nama model pembelajaran bermain peran merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk mengimajinasikan dirinya berada pada suatu kondisi di luar kelas, atau memerankan tokoh lain dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan konteks. Dalam proses pembelajarannya model ini mengutamakan pola permainan dalam bentuk dramatisasi. Hipotesis tindakan yang peneliti ajukan adalah ada peningkatan yang signifikan keterampilan berbicara dalam drama dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif role playing pada siswa kelas V SDN 6 Terban Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 6 Terban Kudus dengan subjek penelitian berjumlah 25 siswa. Penelitian ini melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus meliputi tiga tahapan yaitu, perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan yaitu role playing. Role playing diterapkan dalam penelitian ini untuk mengatasi kesulitan berbicara siswa dalam bermain drama. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keberhasilan nilai keterampilan berbicara siswa dalam drama dengan menggunakan model role playing yang cukup signifikan antara prasiklus (28%), siklus I (76%), dan siklus II (92%) dan didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa di atas KKM (65) pada materi drama siklus I (80%) dan siklus II (96%). Aktivitas guru dalam pembelajaran role playing juga meningkat dari nilai rata-rata siklus I 75,5 menjadi 85,5 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam drama siswa kelas V SDN 6 Terban Kudus. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran role playing dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr.Murtono,M.Pd Pembimbing 2 : Henry Suryo Bintoro,S.Pd,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Keterampilan Berbicara, Drama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 02 Nov 2013 03:59
Last Modified: 02 Nov 2013 03:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item