Kanzunnudin, Mohammad (2022) Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Seni Barongan Kudus. Moeria Bumi Pertelon.
![]() ![]() Preview |
Image (Cover)
IMG_20221229_132543_page-0001.jpg - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Halaman dekan)
IMG_20221229_132543.pdf - Published Version Download (436kB) | Preview |
Preview |
Text (Artikel)
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT SENI BARONGAN KUDUS.pdf - Published Version Download (595kB) | Preview |
Abstrak
Sebagai konstruksi kesadaran masyarakat pemiliknya, cerita rakyat mempunyai berbagai aspek positif dan konstruktif, terutama dalam nilai pendidikan karakter. Hal itu juga terdapat dalam cerita “Seni Barongan Kudus”. Nilai itulah yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian, yakni untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam “Seni Barongan Kudus”. Ancangan penelitian, kualitatif dengan metode hermeneutik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, rekaman, pencatatan, dan transkripsi. Keabsahan data dengan trianggulasi 74 narasumber, teknik, dan waktu. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil analisis membuktikan bahwa “Seni Barongan Kudus” memiliki nilai-nilai religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas. Hal ini menunjukkan bahwa cerita “Seni Barongan Kudus” memenuhi kelima indikator nilai pendidikan karakter. Karenanya “Seni Barongan Kudus” sangat tepat untuk dijadikan materi ajar dalam memperkuat pendidikan karakter.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | Curia, pendidikan, tradisi rakyat |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) > Kumpulan karya sastra Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) |
Program Studi: | DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 01:18 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 01:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |