Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN 04 Dersalam Kudus

Wulandari, Riska (2013) Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN 04 Dersalam Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (864kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (74kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (74kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (565kB) | Request a copy

Abstrak

Banyak guru yang mendasarkan diri pada asumsi yang salah dalam membelajarkan IPS. Mereka beranggapan bahwa IPS adalah pengetahuan yang dapat ditransfer sedemikian rupa secara utuh dari kepala guru ke kepala peserta didik dengan pola teks book oriented. Masalah tersebut di atas akan mengakibatkan masalah lain dalam pembelajaran, yaitu masih rendahnya keaktifan siswa dan daya serap atau prestasi belajar siswa terhadap materi IPS. Sehingga perlu adanya penyelesaian masalah tersebut. Hasil observasi awal terhadap siswa kelas V SDN 04 Dersalam Kudus, ditemukan bahwa banyak siswa kurang aktif dan kurang antusias saat pembelajaran IPS. Berdasarkan masalah tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan penerapan model pembelajaran mind mapping agar dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 04 Dersalam Kudus? (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran Mind Mapping agar dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 04 Dersalam Kudus? (3) Bagaimana hasil pengamatan aktivitas dan evaluasi pembelajaran model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 04 Dersalam Kudus?. Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka peneliti menerapkan model pembelajaran mind mapping dengan tujuan : (1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan model pembelajaran Mind Mapping agar dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 04 Dersalam Kudus. (2) Menjelaskan pelaksanaan penerapan model pembelajaran Mind Mapping agar dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 04 Dersalam Kudus. (3) Menjelaskan hasil pengamatan aktivitas dan evaluasi pembelajaran model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 04 Dersalam Kudus. Hipotesis tindakan yang peneliti ajukan adalah adanya peningkatan yang signifikan pada aktivitas belajar IPS siswa dengan diterapkannya model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas V SD 04 Dersalam Kudus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 04 Dersalam Kudus. Jumlah siswa sebanyak 20 orang, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Variabel penelitian adalah aktivitas siswa dan model pembelajaran mind mapping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model mind mapping mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya skor pengamatan pada tiap siklus. Siklus I diperoleh rata-rata skor pengamatan aktivitas siswa dari pertemuan 1 dan 2 yaitu 26,2 dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus II jumlah skor yang diperoleh melalui pengamatan aktivitas siswa menggunakan lembar pengamatan adalah 38,3 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil pelaksanaan tindakan dengan model pembelajaran mind mapping pada proses pembelajaran IPS menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS peserta didik dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hasil belajar IPS peserta didik pada prasiklus menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar IPS 65,5 dengan ketuntasan klasikal 55%. Nilai minimal 30 dan nilai maksimal 90. Pada siklus 1 menunjukkan rata-rata nilai sebesar 71,5 dengan ketuntasan klasikal 65%. Nilai minimal peserta didik 20 dan nilai maksimal peserta didik 100. Pada siklus 2 ini hasil belajar IPS peserta didik menunjukkan peningkatan dengan rata-rata nilai sebesar 80 dan ketuntasan klasikal 100%. Nilai minimal peserta didik 70 dan nilai maksimal peserta didik 100. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model mind mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa, sehingga berdampak pada peningkatan aktivitas pembelajaran IPS kelas V SDN 04 Dersalam Kudus. Adapun saran yang diberikan, yaitu: 1. Siswa hendaknya lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. 2. Guru hendaknya menerapkan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran lain. 3. Peneliti selanjutnya dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan lebih maksimal lagi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing (i) Dra. Sumarwiyah, M. Pd, Kons., (ii) Ika Oktavianti, S.Pd, MPd
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci : Aktivitas belajar IPS, model pembelajaran mind mapping
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 13 Nov 2013 05:35
Last Modified: 13 Nov 2013 05:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item