Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing pada Pembelajaran IPS Kelas V SD 4 Jati Wetan Kudus

Sujatmiko, Ragil Tri (2013) Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing pada Pembelajaran IPS Kelas V SD 4 Jati Wetan Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (376kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (25kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran di SD 4 Jati Wetan masih berpusat pada guru (teacher oriented). Siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran karena selama pembelajaran guru banyak memberikan ceramah tentang materi. Maka perlu Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran role playing. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam materi proklamasi kemerdekaan pada pembelajaran IPS di kelas V SD 4 Jati Wetan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam materi proklamasi kemerdekaan pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran role playing di kelas V SD 4 Jati Wetan, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam materi proklamasi kemerdekaan pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran role playing di kelas V SD 4 Jati Wetan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Adapun rancangan PTK yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 4 Jati Wetan dengan jumlah siswa 42 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD 4 Jati Wetan. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I sebesar 71,70% dalam kategori tinggi dan siklus II sebesar 85% dalam kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa terus meningkat dari nilai rata-rata pretest 41,34 mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas menjadi 66,09 dan persentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu 42,85%. Pada siklus II rata-rata kelasnya meningkat menjadi 76,30 dan persentase ketuntasan belajar kelasnya 80,95%. Berdasarkan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD 4 Jati Wetan Kudus. Aktivitas guru dalam menerapkan model role playing juga sudah berhasil dengan persentase 85% atau dapat dikategorikan sangat tinggi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I dan II: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. dan Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Keaktifan, hasil belajar, model role playing
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 06 Nov 2013 07:59
Last Modified: 06 Nov 2013 07:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item View Item