Pemahaman membaca dari murid-murid SMP 2 Jati Kudus kelas delapan tahun pelajaran 2012/2013 yang diajarkan menggunakan “One Stays the Rest Stray”

Listiyana, Lisa (2013) Pemahaman membaca dari murid-murid SMP 2 Jati Kudus kelas delapan tahun pelajaran 2012/2013 yang diajarkan menggunakan “One Stays the Rest Stray”. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (813kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (137kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Membaca dapat berfungsi sebagai sarana pengayaan pengetahuan dan menawarkan kepuasan serta bentuk hiburan tambahan. Pemahaman bacaan adalah proses berpikir untuk membangun makna dari teks tertulis atau kemampuan untuk memahami informasi dalam teks dan menafsirkannya dengan tepat. Kondisi proses belajar mengajar di kelas delapan SMP 2 Jati Kudus, banyak murid yang merasa bosan untuk mengikuti kelas membaca. Alasannya adalah guru bahasa inggrisnya sering menggunakan cara pembelajaran yang monoton. Dia hanya menjelaskan materi dan membaca teks tanpa mengetahui informasi dari teks kemudian menjawab pertanyaan. Dalam kondisi ini penulis mencoba menerapkan One Stays the Rest Stray sebagai teknik dalam pengajar membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan adakah perbedaan secara signifikan pada pemahaman membaca pada murid-murid kelas delapan SMP 2 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013 sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan teknik One Stays the Rest Stray. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penulis menggunakan satu kelas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid-murid SMP 2 Jati Kudus kelas delapan semester dua tahun pelajaran 2012/2013. Penulis menggunakan teks recount sebagai materi pelajaran dan mempersiapkan 30 soal pilihan ganda tentang teks recount. Setelah murid diberi pre test, mereka diberi penanganan. Kemudian data yang diperoleh dianalisa menggunakan t-test. Hasil dari eksperimen menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre test adalah 65.3 dan rata-rata dari hasil post test adalah 79,8. Ditemukan bahwa nilai t-observasi adalah13.15 dengan tingkat signifikan 0.05, degree of freedom 29, dan t-table (tt) 2.05. Dengan kata lain t-observasinya lebih tinggi dari pada t-table (to>tt). Karena t observasi falls di kritikal region, jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, pernyataan hipotesis yang berbunyi “ Ada perbedaan secara signifikan antara pemahaman membaca pada murid-murid kelas delapan SMP 2 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013 sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan One Stays the Rest Stray” itu diterima. Dikarenakan penggunaan One Stays the Rest Stray sebagai teknik dalam proses pengajaran pemahaman membaca menunjukkan hasil yang bagus, penulis menyarankan bahwa guru bahasa inggris pada sekolah menengah pertama untuk menggunakan teknik ini dalam mengajarkan pemahaman membaca. Hal ini terbukti bahwa teknik One Stays the Rest Stray efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca murid.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (1) Drs. Suprihadi, M.Pd, (2) Agung Dwi Nurcahyo, SS, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: One Stays the Rest Stray, pemahaman membaca
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 13 Nov 2013 05:33
Last Modified: 13 Nov 2013 05:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item