Wahyuningtyas, Fitriya (2013) Peningkatan hasil belajar PKn Kelas V SD 2 Bakalan Krapyak melalui model pembelajaran Cooperative Learningtipe Jigsaw II tahun 2013. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL JUDUL)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (738kB) |
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (206kB) |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Rendahnya hasil belajar PKn serta minat belajar siswa terhadap pelajaran PKn merupakan latar belakang dalam penelitian ini. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu model pembelajaran yang masih konvensional. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, selain itu siswa hanya ditugaskan untuk menghafal dan menulis saja. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak pada materi Pengambilan Keputusan. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II dipilih karena dalam langkah-langkah pembelajarannya mengajak siswauntuk aktif dalam pembelajaran sehingga keaktifan dan kreatifitas siswa meningkat. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan teknikpengumpulkan datanya ialah tes dan observasi.Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar, pengelolaan kelas, dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipeJigsaw II dapatmeningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar serta nilai rata-rata pada setiap siklus. Prosentase ketuntasan prasiklus sebesar 35% dengan nilai rata-rata klasikal 61,89 menjadi 40% dengan nilai rata-rata klasikal 66,95 pada siklus I. Prosentase ketutasan belajarpada siklus II sebesar 75% atau terjadi peningkatan 35% serta nilai rata-rata klasikalnya yaitu 76,2. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning tipe Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD 2 Bakalan Krapyak. Temuan dilapangan menunjukkan, ada satu siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar sangat kecil jika dibandingkan dengan siswa yang lain meskipun telah diterapkan model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw II. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebaiknya dalam proses pembelajaran siswa tersebut mendapatkan perhatian yang intensif tanpa melupakan siswa yang lain.Oleh sebab itu, peneliti menyarankan agar setiap guru menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II agar tercipta pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing:(i)Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd., (ii) Aisyah Nur Sayidatun N,M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Hasil Belajar, Jigsaw II, Pendidikan Kewarganegaraan. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ririn Mela Safitri |
Date Deposited: | 13 Nov 2013 05:32 |
Last Modified: | 13 Nov 2013 05:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1769 |
Actions (login required)
View Item |