Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Pendidikan Usia Dini

Raharjo, Trubus and Ahyani, Latifah Nur (2011) Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Pendidikan Usia Dini. Sosial dan Budaya, 4 (1). ISSN 1979-6889

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
IDENTIFIKASI_KESULITAN_BELAJAR_PADA_ANAK.pdf - Published Version

Download (175kB)
Official URL: http://jurnal.umk.ac.id/?page_id=1546

Abstrak

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gangguan-gangguan belajar anak-anak pada pendidikan Anak Usia Dini. Gangguan belajar yang dihadapai anak dikelompokkan dalam 4 kriteria yaitu kematangan kognitif, perhatian rendah, hiperaktif, dan retardasi mental. Sampel penelitian ini adalah anak-anak usia dini yang dianggap mempunyai masalah dengan kesulitan belajar yang bersekolah di PAUD atau TK di kabupaten Kudus yang diambil secara acak. Adapaun sekolah PAUD atau TK yang menjadi tempat penelitian sebanyak 7 PAUD atau TK. Hasil penelitian yang dilakukan dengan melakukan observasi untuk mengidentifikasi kesulitan belajar pada anak-anak usia dini dari 22 anak diperoleh hasil bahwa anak yang mengalami masalah kematangan kognitif sebanyak 6 anak, hiperaktif sebanyak 6 anak, masalah kematangan kognitif dan perhatian yang rendah sebanyak 10 anak, dan tidak ada yang mengalami retardasi mental.

Item Type: Article
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Anak Usia Dini
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi perkembangan. Meliputi psikologi perkembanga bayi, anak, remaja, dewasa lanjut usia.
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Users 388 not found.
Date Deposited: 14 May 2012 04:35
Last Modified: 14 May 2012 04:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item