Analisis Strategi Bpr Nusumma Cabang Jepara Dalam Menghadapi Persaingan

Niam, Ulin (2013) Analisis Strategi Bpr Nusumma Cabang Jepara Dalam Menghadapi Persaingan. Update Test thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
PDF (Halaman Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (136kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (65kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Kondisi lingkungan perusahaan yang selalu berubah menuntut setiap perusahaan untuk menganalisis dan merumuskan kembali strategi yang sesuai dengan keadaan lingkungan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi BPR Nusumma Cabang Jepara dalam persaingan dan mengetahui strategi yang sesuai bagi BPR Nusumma Cabang Jepara sesuai kondisi lingkungan internal dan eksternalnya. Kerangka perumusan strategi yang dikemukakan oleh Fred R. david merupakan alat untuk menganalisis strategi dalam penelitian ini. Pada tahap input perumusan strategi menggunakan matriks Internal Factors Evaluation (IFE), Eksternal Factors Evaluation (EFE) dan Competitive Profile Matrix (CPM). Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan menggunakan matriks SWOT, SPACE, BCG, IE, dan Grand Strategy. Tahap terahir yaitu memiliih strategi yang sesuai dengan kondisi lingkungan yang ada menggunakan matriks QSPM. Berdasarkan hasil perhitungan dari matriks CPM, BPR Nusumma mendapatkana total skor 2.70. hal ini menunjukkan perusahaan berada pada posisi persaingan yang lemah. Hasil dari tahap pencocokan dengan menggunakan lima macama matriks menghasilkan strategi integrasi dan strategi intensif. Strategi intensif meliputi pengembangan pasar, pengembangan produk, dan penetrasi pasar. Strategi tersebut kemudian diolah menggunakan matriks QSPM untuk menentukan daya tarik tiap-tiap strategi terhadap kondisi lingkungan internal dan eksternal yang ada. Dari hasil pengolahan menggunakan matriks QSPM skor daya tarik total dari strategi pengembangan pasar merupakan skor tertinggi dengan nilai 3.95. Hal ini berarti bahwa strategi pengembangan pasar merupakan strategi yang paling sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal BPR Nusumma Cabang Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I : Drs. H. Taufik, MS, MM Pembimbing II : Dra. Hj. Panca Winahyuningsih, MM
Kata Kunci: Strategi, IFE, EFE, QSPM
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: asih winarti
Date Deposited: 29 Jan 2014 03:11
Last Modified: 29 Jan 2014 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item View Item