UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NKRI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VA SDIT LUQMAN AL HAKIM KUDUS TAHUN 2012/2013

Rohman , Nor (2013) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NKRI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VA SDIT LUQMAN AL HAKIM KUDUS TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (591kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (401kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (449kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (651kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (140kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (161kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB)

Abstrak

Rohman, Nor. 2013. “Upaya Peningkatan Minat Belajar PKn Materi Keutuhan NKRI Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VA SDIT Luqman Al Hakim Kudus Tahun 2012/2013”. Skripsi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Dr. Sukiman, M.Pd, (II) Drs. Sucipto M.Pd. Kons. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok; Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena minat belajar PKn siswa rendah siswa kurang bergairah mengikuti proses pembelajaran, siswa bicara sendiri dengan temannya ketika proses pembelajaran sedang berlangsung dan ada pula yang terang-terangan mengerjakan soal-soal atau tugas mata pelajaran selain PKn, penggunaan layanan bimbingan kelompok jarang dilakukan sebab kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang bimbingan kelompok. Permasalahan yang diteliti: Seberapa besar Peningkatan Minat Belajar PKn Siswa Kelas VA SDIT Luqman Al Hakim Kudus, setelah melalui pemberian Layanan Bimbingan Kelompok? Apakah melalui pemberian Layanan Bimbingan Kelompok dapat meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa kelas VA SDIT Luqman Al Hakim Kudus 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: Diperolehnya peningkatan Minat belajar PKn Siswa kelas VA SDIT Luqman Al Hakim Kudus 2012/2013, dengan pemberian layanan bimbingan kelompok tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mata pelajaran PKn Materi keutuhan NKRI dapat meningkat. Adapun kegunaan penelitian adalah: 1. Kegunaan Teoritis: Untuk memberikan sumbangan yang positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya berkaitan dengan pengembangan bimbingan dan konseling pada siswa melalui layanan bimbingan kelompok agar minat belajar dapat lebih meningkat. 2. Kegunaan Praktis: a. Bagi Siswa, b. Bagi Guru, c. Bagi Sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDIT Luqman Al Hakim Kudus, sebanyak 8 siswa yang mempunyai minat belajar PKn rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Layanan Bimbingan Kelompok (Variabel bebas dan minat belajar PKn (Variabel terikat). Hipotesis Tindakan: Pemberian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat belajar mata pelajaran PKn materi keutuhan NKRI pada siswa kelas V A SDIT Luqman Al Hakim Kudus Tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data: metode pokok observasi, metode pendukung menggunakan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 1 x 45 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan bimbingan kelompok minat belajar PKn siswa rendah dan masuk dalam kategorikurang dengan skor rata-rata 13,4 (26%). Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I, minat belajar PKn siswa meningkat menjadi kategori cukup dengan skor rata-rata 26,8 (54%). Sedangkan pada siklus II minat belajar PKn siswa terus meningkat menjadi sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 45 (90%). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat belajar PKn siswa kelas VA SDIT Luqman Al Hakim Kudus. Dengan demikian hipotesis tindakan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diperoleh simpulan bahwa Pemberian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat belajar PKn materi keutuhan NKRI pada siswa kelas VA SDIT Luqman Al Hakim Kudus Tahun 2012/2013” dinyatakan diterima karena indikator keberhasilan bimbingan kelompok dalam penelitian ini telah terpenuhi. Adapun saran yang bisa diberikan oleh peneliti berdasarkan dari hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan adalah adalah ditujukan kepada: 1. Kepala Sekolah, 2. Guru Kelas, 3. Peneliti Berikutnya, 4. Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Sucipto, M.Pd. kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 17 Feb 2014 07:29
Last Modified: 17 Feb 2014 07:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item View Item