UPAYA MANGATASI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN SEMESTER MELALUI LAYANAN KONTEN PADA SISWA KELAS 7 SMP 4 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Santoso, Arif (2013) UPAYA MANGATASI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN SEMESTER MELALUI LAYANAN KONTEN PADA SISWA KELAS 7 SMP 4 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (71kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (653kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (72kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (44kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB)

Abstrak

Santoso, Arif. 200931222 “Upaya Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Semester Melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelas 7 SMP 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013” Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons. Dosen Pembimbing II Dra. Hj. Sutarti, SE, MM. Kata Kunci: Kecemasan, Layanan Penguasaan Konten. Kondisi psikologis siswa bermacam-macam dalam menghadapi ujian semester, hal ini disebabkan adanya dinamika psikis yang berbeda-beda dalam diri siswa. Kecemasan yang dialami siswa saat menghadapi ujian semester tentunya juga dialami oleh siswa SMP 4 Bae Kudus. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dari hasil observasi awal penulis melihat gejala kecemasan yang dialami siswa siswa SMP 4 Bae Kudus bahwa dalam menghadapi ujian semester mereka merasa gelisah dan cemas. Oleh karena itu diperlukan layanan penguasaan konten untuk mengatasi kecemasan siswa. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah kecemasan menghadapi ujian semester dapat diatasi melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas 7 SMP 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan tingkat kecemasan menghadapi ujian semester pada siswa kelas 7 SMP 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 sebelum dan sesudah mendapat layanan penguasaan konten, 2. Dapat diperoleh peningkatan kesiapan belajar siswa pada ujian semester melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas 7 SMP 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: dari hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi ilmu pengetahuan, khususnya bimbingan dan konseling, menambah khasanah pustaka pendidikan serta sebagai sumber informasi atau masukan untuk penelitian sejenisnya, 2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi Guru Pembimbing, 2) Bagi peneliti, 3) Kepala sekolah. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan kecemasan dan layanan penguasaan konten. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat mengatasi kecemasan ujian semester siswa dengan baik”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling dilaksanakan selama 3 bulan yaitu dari bulan April tahun 2013 sampai dengan bulan Juni tahun 2013. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP 4 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013, sebanyak 32 siswa yang mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian semester. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten (Variabel Bebas) dan kecemasan dalam menghadapi ujian semester (variabel terikat). Metode pengumpulan data melalui metode observasi sebagai metode pokok dengan dibantu oleh guru BK sebagai kolaborator dan metode wawancara sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: ” Melalui layanan penguasaan konten dapat mengatasi kecemasan ujian semester siswa kelas 7 SMP 4 Bae Kudus dengan baik” Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1. Kesiapan siswa dalam menghadapi ujian semester sebelum mendapatkan layanan yaitu pada pra siklus hanya 3 siswa (9,38%) yang cukup, kurang 22 siswa (68,8%) dan sangat kurang 7 siswa (21,9%). Setelah diberikan layanan pada siklus I terdapat 21 siswa (65,62%) yang masih kurang, 10 siswa (31,25%) cukup dan 1 siswa (3,15%) sudah baik. Pada siklus II didapatkan 6 siswa (18,75%) cukup, 19 siswa (59,38%) baik dan 7 siswa (21,9%) sangat baik. 2. Terdapat peningkatan kesiapan siswa dalam menghadapi ujian semester dari pra siklus sebesar 40,31% setelah diberikan layanan penguasaan konten pada siklus I naik menjadi 52,06% dan siklus II naik menjadi 72,62%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi siswa harus meningkatkan motivasi belajar dan bersikap positif dalam menghadapi ujian semester, 2. Bagi konselor dapat memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah, 3. Kepala Sekolah lebih mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. 4. Bagi orang tua lebih memperhatikan jam belajar anak 5. Peneliti selanjutnya kiranya lebih memperluas kajiannya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa menghadapi ujian semester. .

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 18 Feb 2014 02:06
Last Modified: 18 Feb 2014 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item