UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII MTS NU NURUSSALAM BESITO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sari, Rahma (2013) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII MTS NU NURUSSALAM BESITO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (573kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (307kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (541kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (432kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (144kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (145kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)

Abstrak

Sari, Rahma. 2013. “Upaya Meningkatkan Percaya Diri Melalui Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VII MTs NU Nurussalam Besito Kudus. Skripsi. Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (I) Drs. Sunardi, (II) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kata Kunci : Percaya Diri, Layanan Bimbingan Kelompok Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah berdasarkan observasi selama 3 hari dan wawancara dengan Konselor pada tanggal 20 Mei 2013, kelas VII MTs NU Nurussalam Besito Kudus Tahun 2012/2013 diketahui ada 10 orang siswa yang mengalami rasa tidak percaya diri. Hal ini ditunjukan dengan adanya siswa yang tidak berani mengemukakan pendapatnya di muka umum, sulit menyesuaikan diri dengan teman yang lain, pesimis dalam mengambil suatu keputusan yang dihadapi, selalu memandang rendah kemampuan diri, dan belum mampu menghargai diri sendiri. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan: Bagaimanakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas VII MTs NU Nurussalam Besito Kudus Tahun 2012/2013. Tujuan penelitian ini untuk: Mendeskripsikan percaya diri siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok, diperolehnya peningkatan percaya diri melalui bimbingan kelompok. Kegunaan penelitian: Kegunaan Teoritis: Hasil penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang ada sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan di sekolah khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling, Kegunaan Praktis: 1. Kepala Sekolah: Dapat digunakan sebagai dasar/penentuan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program konseling di Sekolah, 2. Konselor: Dapat digunakan sebagai pedoman dan inspirasi dalam memberi bantuan layanan kepada siswa yang mengalami rasa tidak percaya diri, 3. Siswa: Dengan layanan bimbingan kelompok siswa terbantu dalam meningkatkan rasa percaya diri. Ruang Lingkup dalam penelitian ini adalah membahas tentang percaya diri dan bimbingan kelompok. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTBK). Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan Siklus II) setiap siklus 3 pertemuan Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs NU Nurussalam Besito Kudus, sebanyak 10 siswa. Variabel penelitian. Layanan Bimbingan Kelompok (Variabel tindakan) dan Percaya Diri (Variabel masalah). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan konselor dan observasi dilakukan langsung dengan konselor. Berdasarkan tahap pra siklus rasa percaya diri siswa dari 10 siswa kelas VII MTs NU Nurussalam Besito Kudus sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh hasil observasi 10 siswa dengan hasil rata-rata (32,8%) sangat kurang, rendahnya rasa percaya diri siswa karena siswa yang tidak berani mengemukakan pendapatnya di muka umum, sulit menyesuaikan diri dengan teman yang lain, pesimis dalam mengambil suatu keputusan yang dihadapi, selalu memandang rendah kemampuan diri, dan belum mampu menghargai diri sendiri. Setelah diberikan layanan bmbingan kelompok pada siklus I dari ketiga pertemuan diperoleh hasil rata-rata 65,8% (Cukup) terjadi peningkatan sebesar 33%, dari 32,8 % (Sangat Kurang) menjadi 65,8% (Cukup) ini dikarenakan siswa sudah mulai bisa meningkatkan rasa percaya diri meskipun baru sebagian siswa saja yang antusias dalam meningkatkan rasa percaya diri, kemudian pada siklus II terdapat peningkatan dari siklus I, pada Siklus II dari ketiga pertemuan mendapat hasil rata-rata 88,4% (Sangat Baik) terjadi peningkatan 22,6% dari 65,8% (Cukup) menjadi 88,4% (Sangat Baik). Hasil penelitian tersebut disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas VII MTs NU Nurussalam Besito Kudus Tahun 2012/2013. Pada hasil kesimpulan dan kegunaan penelitian di atas maka dapat disarankan kepada : 1. Kepala sekolah diharapkan kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan baik. 2. Konselor hendaknya dapat lebih banyak memprogramkan layanan bimbingan kelompok berkaitan dengan cara meningkatkan rasa percaya diri sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat mengembangkan kemampuan bersosialisasi secara maksimal dan memotivasi siswa agar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok. 3. Diharapkan agar siswa dapat berperan aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif di lingkungan sekolah masyarakat seperti: kegiatan sosial, untuk memperoleh peningkatan rasa percaya diri siswa dengan cara berbaur terhadap orang lain di sekitar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Drs. Sunardi
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 18 Feb 2014 02:52
Last Modified: 18 Feb 2014 02:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item View Item