UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA KELAS XI IPA 2 SMA MUHAMMADIYAH KUDUS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Umam, Muhammad Safiul (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA KELAS XI IPA 2 SMA MUHAMMADIYAH KUDUS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Bab  6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (95kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Umam, Muhammad Safiul. 2013. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyyah Kudus Melalui Layanan Bimbingan Kelompok”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I). Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. (II). Dra. Hj. Sutarti, SE., MM. Kata Kunci: Keterampilan Mengemukakan Pendapat, Bimbingan Kelompok. Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyyah Kudus yang kurang terampil mengemukakan pendapat. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti dengan kolaborator, kondisi awal rendahnya keterampilan mengemukakan pendapat siswa dapat dilihat melalui perilaku siswa di dalam kelas, banyak siswa yang justru diam membisu ketika guru memberikan kesempatan untuk berpendapat di kelas, siswa kurang tegas mengemukakan pendapatnya, siswa kesulitan merangkai kata untuk berpendapat, merasa takut apabila pendapat yang diutarakan salah atau tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh guru, siswa kurang menghargai pendapat orang lain, ide-ide yang disampaikan kurang cemerlang, dan pendapat yang disampaikan tidak relevan dengan topik yang dibahas. Permasalahan yang akan diteliti: Bagaimanakah peningkatan keterampilan mengemukakan pendapat siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2013/2014 setelah diberikan layanan bimbingan kelompok? Tujuan penelitian ini adalah: Diperolehnya peningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa kelas XI IPA 2 sesudah diberikan layanan Bimbingan Kelompok. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: diharapkan dapat menambah khasanah ilmu, khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling mengenai upaya meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. 2. Kegunaan Praktis: a. Kepala Sekolah: pertimbangan dalam menentukan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. b. Konselor: sebagai acuan dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok. c. Siswa: meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa baik dalam pembelajaran, berorganisasi maupun bermasyarakat. Dalam penelitian yang dilakukan membahasa tentang keterampilan mengemukakan pendapat melalui layanan bimbingan kelompok. Keterampilan mengemukakan pendapat merupakan suatu keahlian dimana siswa mampu untuk mengemukakan pendapatnya secara baik, kritis dan berani, baik dalam bentuk bertanya, menjawab pertanyaan, memberikan usulan maupun berargumentasi. Sedangkan bimbingan kelompok merupakan layanan yang digunakan untuk membantu dan mengatasi masalah yang dihadapi. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah Layanan Bimbingan Kelompok dapat meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2, sebanyak 8 siswa yang memiliki keterampilan mengemukakan pendapat rendah berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan kolaborator. Variabel penelitian: Variabel bebas layanan Bimbingan Kelompok (X). Variabel Terikat keterampilan mengemukakan pendapat (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian sebelum tindakan bimbingan kelompok keterampilan siswa dalam mengemukakan pendapat rendah dan masuk dalam kategori sangat kurang dengan perolehan skore rata-rata 30,5%.Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I keterampilan siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi kategori sedang dengan perolehan skor rata-rata 52,2% terjadi peningkatan 21,7%. Sedangkan pada siklus II keterampilan siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 80,5% terjadi peningkatan 28,3%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas maka dapat disarankan kepada: 1. Kepala sekolah: dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Konselor: diharapkan dapat mengefektifkan layanan bimbingan kelompok guna membantu siswa mengubah perilakunya menjadi lebih baik, dan mengembangkan pribadi siswa, utamanya dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa agar tercapai pestasi belajar yang maksimal. 3. Guru Mata Pelajaran: diharapkan dalam mengajar menggunakan metode yang lebih kreatif agar siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, sehingga merangsang siswa untuk aktif mengemukakan pendapatnya. 4. Siswa, diharapkan mempunyai niat dan tekat yang kuat dalam belajar dan jangan pernah berputus asa untuk meraih cita-cita masa depan dan prestasi belajar yang maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nama : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2014 03:13
Last Modified: 18 Feb 2014 03:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item