UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER BANGSA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIC SMP N 2 PATI TAHUN 2012/2013

Munadi, - (2013) UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER BANGSA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIC SMP N 2 PATI TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (778kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (38kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (96kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (90kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (23kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (21kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB)

Abstrak

Munadi, 2013. Upaya Menumbuhkembangkan Karakter Bangsa Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII C SMP N 2 Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. H. Sucipto, M.Pd. Kons, Dosen Pembimbing II Drs. Sabar Rutoto, M.Pd. Kata Kunci: Karakter Bangsa; Layanan Bimbingan Kelompok Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP N 2 Pati diperoleh hasil yang menunjukkan masih banyaknya siswa yang kurang memiliki karakter bangsa sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok dalam menumbuhkembangkan karakter bangsa.Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan yang menggunakan bimbingan kelompok terhadap karakter bangsa siswa kelas VIIC SMP N 2 PATI dapat meningkat lebih baik? Tujuan Penelitian ini adalah: 1.Diketahuinya keberhasilan dan kekurangan dari tindakan layanan bimbingan kelompok dalam membentuk karakter bangsa. 2.Diperolehnya pemahaman tentang arti pentingnya kemandirian dan tanggung jawab sehingga terbentuk karakter dalam diri siswa..kegunaan penelitian ini adalah kegunaan teoritis:hasil penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang telah ada, sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetehuan disekolah dalam hal menumbuhkembangkan karakter baangsa melalui bimbingan kelompok.Khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling, serta sebagai bahan acuan untuk penelitian yang lebih lanjut lagi . Kegunaan Praktis 1.Bagi Siswa :Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan kepada siswa agar mampu memahami dan mengerti akan pentingnya bimbingan kelompok dan dapat menumbuhkembangkan karakter bangsa sehingga dapat menemukan tujuan dalam kehidupan ini dan masa yang akan datang. 2.Bagi Guru BK:Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk memberikan pengarahan kepada siswa atau salah satu referensi dalam upaya untuk mengembangkan program bimbingan dan konseling di sekolah.3.Bagi Sekolah:Hasil penelitian dapat digunakan sebagai cara awal dalam rangka peningkatan program pendidikan di sekolah, khususnya peningkatan program bimbingan dan konseling pada diri siswa agar memiliki karakter bangsa yang lebih baik.4. Bagi Peneliti:Memperoleh wawasan pengetahuan mengenai berbagai macam karakter anak melalui bimbingan kelompok.Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan Bimbingan Kelompok Dapat menumbuhkembangkan Karakter Bangsa Pada Siswa kelas VII C SMP N 2 Pati Tahun 2012/2013”. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C, sebanyak 10 siswa yang karakter bangsanya rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan Karakter Bangsa (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara.Penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil wawancara sebelum tindakan bimbingan kelompok karakter bangsa siswa rendah. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I, Karakter Bangsa siswa meningkat menjadi kategori sedang dengan skor rata-rata 49%. Sedangkan pada siklus II karakter bangsa siswa terus meningkat menjadi kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 73% terjadi peningkatan 24%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat menumbuhkembangkan karakter bangsa pada siswa kelas VII C SMP N 2 Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian tersebut disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat menumbuhkembangkan karakter bangsa pada siswa kelas VII C SMP N 2 Pati Tahun 2012/2013. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada:1.Bagi kepala sekolah, untuk mengkoordinasi kegiatan bimbingan kelompok seperti kegiatan pembelajaran dan latihan sehingga menjadi satu kesatuan yang terpadu, harmonis, dan dinamis.2.Bagi konselor, hendaknya memberikan pendampingan dan lebih memperhatikan tentang karakter bangsa pada siswa didalam sekolah, salah satu caranya dengan mengadakan layanan bimbingan kelompok.3.Bagi siswa yang masih memiliki karakter bangsa yang rendah diharapkan bisa mengikuti kegiatan bimbingan kelompok yang dilaksanakan oleh guru pembimbing.4.Bagi guru bidang studi hendaknya tidak memberikan materi dalam proses belajar mengajar saja tetapi juga bisa menanamkan arti pentingnya karakter bangsa yang dimiliki oleh siswa tersebut.5.Bagi orang tua diharapkan untuk lebih memperhatikan anak-anaknya terutama membantu mengembangkan potensinya, memahami dirinya, sehingga dapat meningkatkan karakter bangsa yang dimiliki pada anak-anaknya.6.Bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat mengembangkan dan melanjutkan penelitian yang sudah ada dalam menumbuhkembangkan karakter bangsa pada siswa dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Drs. H. Sucipto, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 18 Feb 2014 03:25
Last Modified: 18 Feb 2014 03:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item