Sunarto, - (2013) STUDI KASUSPENANGANAN SISWA TIDAK BERMINAT DALAM KEGIATAN BELAJAR MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADASISWA KELAS X SMAN 1 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.
Preview |
PDF (Halaman Sampul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (579kB) |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (150kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstrak
Sunarto.2013. âStudiKasusPenangananSiswaTidakBerminatDalamKegiatanBelajarMelaluiPendekatanBehavioristikPadaSiswaKelas X SMAN 1 Jekulo Kudus TahunPelajaran 2012/2013â.Skripsi Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. H. Sucipto, M.Pd., Kons , Dosen Pembimbing II Dr. Sukiman, M.Pd. Kata Kunci:Konseling Behavior, TidakBerminatBelajar Latarbelakangpenelitianadasebagiansiswa SMA 1 Jekulo Kudus tahunpelajaran 2012/2013 yang tidakberminatdalamkegiatanbelajarseperti; malasbelajar, bolos sekolah, jarangmengerjakantugassekolah, danprestasibelajar yang rendah.Hal inidesebabkkansiswatidakbelajardengansungguh-sungguhdanseganuntukbelajar.Rumusanmasalah: 1. Faktor-faktorapasajakah yang mempengaruhisiswatidakberminatdalambelajar? 2. Apakahkonselingbehavioristikdapatmengatasisiswa yang tidakberminatdalambelajar?.Tujuanpenelitian: 1. Mendeskripsikanfaktor-faktor yang menyebabkansiswatidakberminatbelajar. 2. Teratasinyasikaptidakberminatdalamkegiatanbelajarmelaluilayanankonselingbehavioristik. Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoritis: Menambahkhasanahperpustakaan. 2. KegunaanPraktis: a. BagiKepalaSekolah, sebagaiacuandalammenentukankebijakandalammendukungpelaksanaan program BK. b. BagiKonselor, sebagaiacuandalampelaksanaanlayanan BKbehavioristikterhadapsiswa yang minatbelajarnyarendah. c. BagiPeneliti, untuksumberreferensi. d. BagiSiswa, mengentaskanpermasalahanrendahnyaminatbelajar. Model konseling yang digunakankonselingbehavioristikberupapendekatantingkahlakudalampemecahanmasalahdenganteknikasertifuntukmembantuklienmengungkapperasaannya, aversiuntukmenghilangkankebiasanburukdansosial modeling untukmerubahperilakudenganmencontoh model. Pendekatanpenelitiankualitatifdenganteknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Teknikanalisis data induktif system Bacon, yaitupenelitimengumpulkanfaktor-faktortentangkondisikonseli, kemudianbarudapatditarikkesimpulantertentuataupemecahanmasalah.Subyekpenelitian MS, NS, dan MZ. Hasilpenelitianfaktor yang mempengaruhiklienntdkberminatdalambelajarklien I (MS), orang tuakurangmampu, tidakmemperhatikanpendidikan, melaluikonselingbehavioristikteknikasertifklienrajinmasuksekolah, aktifmengikutipelajaran, bertanggungjawabmenyelesaikantugassekolah. Klien II (NS), orang tuasibukbekerja, melaluikonselingbehavioristikteknikaversiklienmampumerubahperilakutidakberminatdalamkegiatanbelajarmelaluikegiatanmembaca. Klien III (MZ) ketidakseusianantarakeinginan orang tuadalammemilihsekolah, konselingbehavioristiktekniksosial modeling, kliendapatmerubahperilakutidakberminatdalamkegiatanbelajardengancaramenirucontoh model. Pembahasanklien I (MS) dalamteknikasertifklienmerasakandampaknegatiftidakberminatdalambelajarsepertikecemasan, maludan rasa bersalah.Melalui stimulus inikliendapatmerubahperilakunyamenjadiaktifbelajardenganmembentukkelompokbelajar.Klien II (NS) melaluiteknikaversiinikliendiberikan stimulus membacabuku-bukupengetahuanmaupunbukupelajaranuntukmenghilangkansikaptidakberminatdalamkegiatanbelajar. Klien yang hobinyamembacaakhirnyadapatmerubahsikaptidakberminatdalamkegiatanbelajarmenjadirajinbelajar.Klien III (MZ) melaluitekniksosial modeling kliendapatmencontoh model yang memilikikarakteristik yang sama. Dalamkegiataninikliendapatbelajarmelaluipengalamanlangsungdenganmengamatitingkahlaku model. Simpulanfaktor internal daneksternal yang mempengaruhiklien I (MS) pasifdalambelajardanekonomi orang tua yang kurangmampu, klien II (NS) malasbelajardankurangperhatian orang tua, klien III (MZ) malasbelajardanketidaksesuaiandengan orang tua. Disarankanbagisekolahuntukmengembangkanpembelajaran yang dapatmenumbuhkanminatbelajarsiswa, guru BK menerapkanmodel konselingbehavior denganteknikyang tepat.Bagisiswadapatmenumbuhkanmotivasibelajar.Bagi orang tuameluangkanwaktuuntukmemberikanbimbinganbelajar di rumahkepadaanak-anaknya. â
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Nama : Drs. Sucipto, M.Pd. Kons |
Kata Kunci: | bimbingan dan konseling |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Feb 2014 03:42 |
Last Modified: | 18 Feb 2014 03:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2111 |
Actions (login required)
View Item |