STUDI KASUSPENANGANAN SISWA TIDAK BERMINAT DALAM KEGIATAN BELAJAR MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADASISWA KELAS X SMAN 1 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sunarto, - (2013) STUDI KASUSPENANGANAN SISWA TIDAK BERMINAT DALAM KEGIATAN BELAJAR MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADASISWA KELAS X SMAN 1 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (579kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (276kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (155kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (150kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB)

Abstrak

Sunarto.2013. “StudiKasusPenangananSiswaTidakBerminatDalamKegiatanBelajarMelaluiPendekatanBehavioristikPadaSiswaKelas X SMAN 1 Jekulo Kudus TahunPelajaran 2012/2013”.Skripsi Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. H. Sucipto, M.Pd., Kons , Dosen Pembimbing II Dr. Sukiman, M.Pd. Kata Kunci:Konseling Behavior, TidakBerminatBelajar Latarbelakangpenelitianadasebagiansiswa SMA 1 Jekulo Kudus tahunpelajaran 2012/2013 yang tidakberminatdalamkegiatanbelajarseperti; malasbelajar, bolos sekolah, jarangmengerjakantugassekolah, danprestasibelajar yang rendah.Hal inidesebabkkansiswatidakbelajardengansungguh-sungguhdanseganuntukbelajar.Rumusanmasalah: 1. Faktor-faktorapasajakah yang mempengaruhisiswatidakberminatdalambelajar? 2. Apakahkonselingbehavioristikdapatmengatasisiswa yang tidakberminatdalambelajar?.Tujuanpenelitian: 1. Mendeskripsikanfaktor-faktor yang menyebabkansiswatidakberminatbelajar. 2. Teratasinyasikaptidakberminatdalamkegiatanbelajarmelaluilayanankonselingbehavioristik. Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoritis: Menambahkhasanahperpustakaan. 2. KegunaanPraktis: a. BagiKepalaSekolah, sebagaiacuandalammenentukankebijakandalammendukungpelaksanaan program BK. b. BagiKonselor, sebagaiacuandalampelaksanaanlayanan BKbehavioristikterhadapsiswa yang minatbelajarnyarendah. c. BagiPeneliti, untuksumberreferensi. d. BagiSiswa, mengentaskanpermasalahanrendahnyaminatbelajar. Model konseling yang digunakankonselingbehavioristikberupapendekatantingkahlakudalampemecahanmasalahdenganteknikasertifuntukmembantuklienmengungkapperasaannya, aversiuntukmenghilangkankebiasanburukdansosial modeling untukmerubahperilakudenganmencontoh model. Pendekatanpenelitiankualitatifdenganteknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Teknikanalisis data induktif system Bacon, yaitupenelitimengumpulkanfaktor-faktortentangkondisikonseli, kemudianbarudapatditarikkesimpulantertentuataupemecahanmasalah.Subyekpenelitian MS, NS, dan MZ. Hasilpenelitianfaktor yang mempengaruhiklienntdkberminatdalambelajarklien I (MS), orang tuakurangmampu, tidakmemperhatikanpendidikan, melaluikonselingbehavioristikteknikasertifklienrajinmasuksekolah, aktifmengikutipelajaran, bertanggungjawabmenyelesaikantugassekolah. Klien II (NS), orang tuasibukbekerja, melaluikonselingbehavioristikteknikaversiklienmampumerubahperilakutidakberminatdalamkegiatanbelajarmelaluikegiatanmembaca. Klien III (MZ) ketidakseusianantarakeinginan orang tuadalammemilihsekolah, konselingbehavioristiktekniksosial modeling, kliendapatmerubahperilakutidakberminatdalamkegiatanbelajardengancaramenirucontoh model. Pembahasanklien I (MS) dalamteknikasertifklienmerasakandampaknegatiftidakberminatdalambelajarsepertikecemasan, maludan rasa bersalah.Melalui stimulus inikliendapatmerubahperilakunyamenjadiaktifbelajardenganmembentukkelompokbelajar.Klien II (NS) melaluiteknikaversiinikliendiberikan stimulus membacabuku-bukupengetahuanmaupunbukupelajaranuntukmenghilangkansikaptidakberminatdalamkegiatanbelajar. Klien yang hobinyamembacaakhirnyadapatmerubahsikaptidakberminatdalamkegiatanbelajarmenjadirajinbelajar.Klien III (MZ) melaluitekniksosial modeling kliendapatmencontoh model yang memilikikarakteristik yang sama. Dalamkegiataninikliendapatbelajarmelaluipengalamanlangsungdenganmengamatitingkahlaku model. Simpulanfaktor internal daneksternal yang mempengaruhiklien I (MS) pasifdalambelajardanekonomi orang tua yang kurangmampu, klien II (NS) malasbelajardankurangperhatian orang tua, klien III (MZ) malasbelajardanketidaksesuaiandengan orang tua. Disarankanbagisekolahuntukmengembangkanpembelajaran yang dapatmenumbuhkanminatbelajarsiswa, guru BK menerapkanmodel konselingbehavior denganteknikyang tepat.Bagisiswadapatmenumbuhkanmotivasibelajar.Bagi orang tuameluangkanwaktuuntukmemberikanbimbinganbelajar di rumahkepadaanak-anaknya.  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Drs. Sucipto, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 18 Feb 2014 03:42
Last Modified: 18 Feb 2014 03:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item