MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL BERBASIS BIMBINGAN PADA SISWA KELAS II AS-SALAM SDIT LUQMAN AL HAKIM KUDUS 2012/2013

Rachmad, Muhlis (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL BERBASIS BIMBINGAN PADA SISWA KELAS II AS-SALAM SDIT LUQMAN AL HAKIM KUDUS 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (97kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (310kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (331kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (136kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (65kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (70kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB)

Abstrak

Racmad, Muhlis. 2013. “Meningkatkan Minat Belajar Matematika Materi Penjumlahan Menggunakan Media Visual Berbasis Bimbingan pada Siswa Kelas II As-Salam SDIT Luqman Al Hakim Kudus 2012/2013”. Skripsi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Dr. Sukiman, M.Pd, (II) Drs. Sucipto M.Pd. Kons. Kata Kunci: Bimbingan Klasikal; Media Visual Penelitian ini dilatarbelakangi karena minat belajar matematika siswa rendah dibanding minat belajar terhadap mata pelajaran lainnya, siswa cepat bosan dan kurang bersemangat dan kurang adanya minat dalam mengikuti proses pembelajaran, penggunaan media visual masih jarang dilakukan sebab kurang inovativ serta kreatifnya guru dalam penerapannya. Tujuan dilaksanakan penelitian antara lain: 1. Diperolehnya peningkatan minat belajar matematika siswa kelas II As-Salam SDIT Luqman Al Hakim Kudus 2012/2013, dengan menggunakan media pembelajaran visual berbasis bimbingan. 2. Tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar mapel pelajaran matematika materi penjumlahan melalui media pembelajaran visual berbasis bimbingan dapat meningkat. Metode yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas II As-Salam SDIT Luqman Al Hakim Kudus2012/2013 adalah dengan mengunakan media visual berbasis bimbingan dengan pendekatan high touch dan penerapan high tech. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1. Bimbingan klasikal menggunakan media visual berbasis bimbingan dengan penerapan pendekatan high touch dan high tech. penyampaian materi yang dilakukan penuh kewibawaan, kasih sayang, serta pemberian motivasi kepada siswa, serta penayangan materi dengan power point berbentuk video bisu. Setelah adanya pelaksanaan PTK BK minat belajar siswa dapat meningkat dengan kategori sangat baik. 2. Penerapan media visual berbasis bimbingan dapat meningkatkan minat belajar mata pelajaran matematika siswa, dari hasil pengamatan pra siklus minat belajar memperoleh persentase 48,8% setelah dilaksanakan kegiatan tindakan siklus dapat meningkat mencapai persentase 91,1%., peningkatan dari kondisi awal minat belajar siswa pra siklus dan setelah pelaksanaan siklus mencapai 42,3%. Dengan demikian hipotesis tindakan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Adapun saran yang bisa diberikan oleh peneliti berdasarkan dari hasil pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan, adapun saran-saran antara lain sebagai berikut: 1. Kepala Sekolah: Memotivasi guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan melakukan PTK BK menggunakan media pembelajaran yang subjektif dan relevan. 2. Guru Kelas: Perlu adanya penggunaan media visual dengan pendekatan high touch dan penerapan high tech dalam pelaksanaan KBM yang dilakukan guru di dalam kelas. 3. Peneliti Berikutnya: Kedepannya peneliti diharapkan dapat lebih melatih kesabaran untuk mengahadapi siswa, lebih subjektif dalam pelayanan terhadap siswa. 4. Orang tua: Upaya peningkatan minat belajar siswa, orang tua harus dapat berkontribusi serta berperan dengan memperhatikan aktivitas kondisi siswa saat belajar di rumah. 5. Siswa: Saat mengikuti KBM siswa dianjurkan lebih kreatif, aktif, dan mau berbagi ilmu pada saat diskusi kelompok dilaksanakan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 18 Feb 2014 03:52
Last Modified: 18 Feb 2014 03:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item