UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VIII A SMP N 4 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Maula, Niela Minnatul (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VIII A SMP N 4 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (644kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (339kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (424kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (533kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (330kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (143kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB)

Abstrak

Minnatul Maula, Niela. 2013. Upaya Meningkatkan Motivasi Berprestasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIII A SMP N 4 Bae Kudus TahunPelajaran 2012/2013. Skripsi. Bimbingan danKonselingFakultas Keguruan Ilmu Pendidikan UniversitasMuria Kudus.Pembimbing: (i) Drs. Masturi, MM,(ii) Drs.H.Sucipto, M.Pd, Kons Kata –kata kunci: Motivasi, berprestasi,layanan, bimbingan, kelompok Penelitianinidilatarbelakangimasihadabeberapasiswakelas VIII A SMP N 4 Bae Kudusmempunyaimotivasiberprestasi yang rendah, berdasarkan pengamatan peneliti dan informasi dari guru pembimbing pada hari sabtu tanggal 13 April 2013, sebagian siswa menunjukkan gejala motivasi berprestasi yang rendah, diantaranya: siswamalas dalam menghadapi tugas dan tidak suka bekerja keras, mudah menyerah dalam menghadapi kesulitan dan mudah putus asa, motivasi belajarnya rendah, tidak berani bertanya dan berpendapat pada guru, tidak mampu berfikir kreatif dan inovatif, dan kurang memiliki rasa percaya diri. Permasalahan yang akanditeliti: bagaimanakah meningkatkan motivasi berprestasi melalui penerapkan layanan bimbingan kelompok siswa kelas VIII A SMP N 4 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013?Tujuanpenelitianini adalah:1. Mendiskripsikan motivasi berprestasisebelum dan sesudah diberi layanan Bimbingan Kelompok siswa kelas VIII A SMP N 4 Bae Kudus tahunpelajaran 2012/2013,2. Memperolehpeningkatanmotivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas VIII A SMP N 4 Bae Kudus tahunpelajaran 2012/2013. Kegunaanpenelitianiniadalah: 1.Kegunaan Teoritis: Memberikan sumbangandalammemperluasdanmemperdalamilmupengetahuantentanglayananbimbingandankonselingsalah satunya adalah layanan bimbingan kelompok yang dapat dijadikanbahanacuanuntukpenelitianmengenaimotivasiberprestasisiswa. 2. KegunaanPraktis: 1) Sebagai bahan acuan dan masukan pada konselor untuk memberikan pengarahan kepada siswa tentang pentingnya pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi berprestasi siswa di sekolah. 2) Memberikan masukan kepada siswa tentang pentingnya layanan bimbingan kelompok belajar siswa sehingga dapat dijadikan sebagai sarana untuk membangun kesadaran siswa mengenai pentingnyamenanamkan dan meningkatkan motivasi berprestasi siswa di sekolah maupun dirumah. 3) Memberikanmasukankepada orang tua/walimuridtentangmotivasiberprestasi, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan mengasuh, mendidik, memperhatikan, dan meningkatkan memotivasi berprestasi putra-putrinya. 4) Sebagai bahan acuan dan masukan pada guru bidang studi untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan kreatif dalam rangka meningkatkan motivasi berprestasi siswa di sekolah.HipotesisPenelitianiniadalah: “LayananBimbingan Kelompok dapat meningkatkanmotivasi berprestasi siswa kelas VIII A SMP N 4 Bae Kudus tahunpelajaran 2012/2013”. Subjek yang ditelitidalampenelitiantindakan bimbingan dan konseling iniadalahsiswakelasVIII A, sebanyak 8 siswa yang memunyaimotivasi berprestasi yangrendahberdasarkanwawancaradanobservasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan motivasi berprestasi (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dansiklus II) setiapsiklus 3pertemuan denganalokasiwaktu 45 x 1menit (1 jam pelajaran). Berdasarkanhasilobservasisebelumtindakanbimbingankelompok motivasi berprestasisiswarendahdanmasukdalamkategorisangat kurangdenganskore rata-rata 26,25%. Setelahdiberilayananbimbingankelompokpadasikus I, motivasi berprestasisiswameningkatmenjadikategorikurangdenganskore rata-rata 45,83. Sedangkan pada siklus II motivasi berprestasi siswa terus meningkat menjadi kategori baik dengan perolehan skore rata-rata 76,25%. Hal inimenunjukkanlayananbimbingankelompokdapatmeningkatkanmotivasi berprestasi siswakelasVIII A SMP N 4 Bae Kudus. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswakelasVIII A SMP N 4 Bae Kudus. Dengandemikianhipotesis yang diajukandapatditerimakarenatelahterujikebenarannya.Melihattemuandilapangan, penelitimemberikan saran kepada: 1. Kepalasekolahhendaknyalebihmemahami dan memperhatikanmotivasiberprestasisiswa di sekolah tersebut, serta memberikan fasilitas yang mendukung, salah satunya dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok guna meningkatkanmotivasiberprestasisiswa. 2. Konselordapatmemaksimalkanpelayananbimbingandankonselingdisekolah, terutamapemberianlayananbimbingankelompok, agarlayananbimbingankelompokdapatmembantusiswadalammeningkatkanmotivasiberprestasi. 3. Orang tua lebih memperhatikan putra-putrinya terutama membantu mengembangkan potensinya, memahami dirinya,dan memfasilitasi kebutuhan putra putrinya, diharapkan dapat meningkatkan motivasi berprestasisiswa. 4. Motivasi berprestasi siswa sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, sehingga siswa mempunyai motivasi berprestasi lebih baik.5. Guru bidang studi hendaknyadapatdijadikanbahanmasukanguna menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan kreatif dalam rangka meningkatkanmotivasiberprestasisiswa. 6. Peneliti berikutnya diharapkan dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi maupun pedoman masukan guna pengembangan pada penelitian yang dilakukan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Drs. Masturi, MM.
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 18 Feb 2014 04:36
Last Modified: 18 Feb 2014 04:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item