UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII A MTs HIDAYATUL MUSTAFIDIN DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sari, Zuli Puspita (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII A MTs HIDAYATUL MUSTAFIDIN DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Hal_Depan.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
Bab_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
bab_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
Bab_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (578kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstrak

Puspitasari, Zuli. 2013.Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII A MTs. Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Bimbingan dan Konseling Dosen Pembimbing: I. Drs. Masturi, MM. II. Drs.Sabar Rutoto, M.Pd. Kata Kunci :Layanan Bimbingan Kelompok; Kedisiplinan Belajar. Latar Belakang: banyak siswa yang tidak mencurahkan perhatian penuh, tidak membaca buu secara tekun, mengikuti pelajaran dengan tidak tertib, tidak mencatat bahan bacaan secara rapi, tidak bisa mengelola waktu belajar secara teratur, serta tidak bisa mengendalikan diri untuk melaksanakan tugas belajar disekolah. Permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas VII A MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013’’?. Tujuan penelitian:1.Mendiskripsikan kedisiplinan belajar sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. 2. Membantu meningkatkan kedisiplinan belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok di kelas VII A MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Manfaat penelitian:1. Bagi siswa: siswa dapat menyadari pentingnya meningkatkan kedisiplinan belajar agar dalam mencapai prestasi belajar atau mencapai hasil belajar itu bias optimal dan nantinya mendapatkan nilai yang bagus. 2. Bagi guru: memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. 3. Bagi sekolah: sebagai lembaga mendapatkan masukan dalam meningkatkan kualitas sekolah yang mempunyai kedisiplinan belajar yang tinggi serta agar dapat mendapatkan prestasi yang baik pula. Kajian pustaka: kedisiplinan belajar adalah suatu ketaatan siswa pada aturan yang ditetapkan agar dapat merubah kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya piker, dan kemampuan-kemampuan yang lain. Sedangkan bimbingan kelompok adalah suatu layanan yang harus di gunakan oleh seorang konselor di sekolah. Metodologi: Metode yang digunakan dalam pengumpulan data: Observasi sebagai metode utama, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pendukung, subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa terdiri dari satu kelas yang memiliki kedisiplinan belajar rendah. Hasil Penelitian: Meningkatnya kedisiplinan belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II yaitu 36,7% menjadi 63,6%. Jadi, hipotesis yang berbunyi “Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas VII A MTs. Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun pelajaran 2012/2013” diterima karena teruji kebenarannya.Simpulan.Dari hasil penelitian pada siklus I dan II dapat di ketahui hasil peningkatan kedisiplinan belajar siswa kelas VII A MTs. Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus tahun pelajaran 2012/213. Pada siklus II ini ada peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I mendapatkan hasil rata-rata 63,7%, pada siklus II mendapatkan hasil rata-rata 76,2%, terjadi peningkatan sebesar 12,5%. Berdasarkan hasil wawancara dari Guru kelas dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok siswa kelas VII A MTs. Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus sudah mulai ada peningkatan, sebagian siswa sudah memiliki kedisiplinan belajar yang baik, Siswa bisa mencurahkan perhatian penuh, siswa sudah mulai bisa membaca buku secara tekun, siswa mengikuti pelajaran dengan tertib, siswa mulai bisa mencatat bahan bacaan secara rapi, siswa bisa mengelola waktu belajar dengan baik siswa bisa lebih rajin dalam belajar. Berdasarkan simpulan diatas, penulis menyampaikan saran kepada: 1 Kepala sekolah: berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepala sekolah memahami dan lebih memperhatikan perilaku siswa di sekolah tersebut, dan dapat membantu peningkatan program pendidikan di sekolah. 2. Wali kelas: diharapkan wali kelas bisa mengefektifkan layanan bimbingan kelompok guna membantu siswa mengembangkan pribadinya, mengubah perilakunya menjadi lebih baik, pencegahan dan pengentasan masalah siswa yang bersangkutan, salah satunya adalah mengenai rendahnya kedisiplinan belajar siswa. 3. Guru mata pelajaran: diharapkan guru mata pelajaran dapat mengetahui kondisi siswa pada saat pelajaran berlangsung. 4. Siswa: diharapkan siswa dapat menjadikan pembelajaran dan pengetahuan kepada siswa agar mampu memahami dan mengerti akan pentingnya bimbingan kelompok dan kedisiplinan belajar sehingga dapat menemukan tujuan dalam kehidupan ini dan masa yang akan datang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nama : Dra. Masturi, MM.
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2014 06:29
Last Modified: 18 Feb 2014 06:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2122

Actions (login required)

View Item View Item