UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII G SMP I MEJOBO TAHUN 2012/2013

Nahar, Ulfi Fajrin (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS VII G SMP I MEJOBO TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (121kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (611kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (158kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (71kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB)

Abstrak

Nahar, Ulfi Fajrin. 2013. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VII G SMP 1 Mejobo. Skripsi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., (ii) Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons. Kata-kata kunci: Keaktifan belajar; Bimbingan Kelompok Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP 1 Mejobo, khususnya kelas VII G yang memiliki keaktifan belajar rendah. Oleh karena itu peneliti melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi rendahnya keaktifan belajar siswa. Permasalahan yang akan diteliti adalah: Apakah keaktifan belajar matematika dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII G SMP 1 Mejobo tahun 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Didiskripsikan keaktifan belajar siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok kelas VII G SMP 1 Mejobo Tahun 2012/2013. (2) Diperoleh peningkatkan keaktifan belajar matematika siswa melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas VII G SMP 1 Mejobo Tahun 2012/2013. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP 1 Mejobo dengan keaktifan belajar rendah yang berjumlah 8 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian PTKBK, dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus dengan 3 pertemuan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian PTKBK ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada kondisi awal masih sangat rendah yaitu dalam kategori sangat kurang dengan perolehan skor rata-rata 13,7 . Sedangkan pada siklus I kemampuan bersosialisasi siswa mengalami peningkatan menjadi kategori cukup dengan perolehan skor rata-rata 20,1. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi baik dengan perolehan skor rata-rata 33,2. Jadi kesimpulannya penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VII G SMP 1 Mejobo Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Kepala Sekolah: layanan bimbingan kelompok sangat membantu siswa dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika. Dengan adanya dampak positif dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan bimbingan kelompok ini. (2) Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran Diharapkan dapat menggunakan hasil penemuan peneliti tentang kurangnya keaktifan belajar matematika siswa sehingga wali kelas maupun guru mata pelajaran lebih memperhatikan dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa secara lebih mendalam. (3) Konselor/ Pembimbing : hendaknya melaksanakan layanan bimbingan kelompok pada saat jam bimbingan dan konseling agar semua siswa merasakan manfaat dari pelakasanaan layanan bimbingan kelompok. (4) Siswa : hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah seperti layanan bimbingan kelompok untuk membantu memecahkan permasalahan yang sedang dialami. (5) Peneliti Berikutnya: perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang berkaitan dengan masalah keaktifan belajar matematika dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok.  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 19 Feb 2014 02:17
Last Modified: 19 Feb 2014 02:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item