UPAYA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MELALUI MEMBACA AL QUR’AN DALAM BIMBINGAN KELOMPOKPADA SISWA KELAS VI SD N 3 KARANGMALANG KEC. GEBOG KAB. KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Halifudin, Muhajirin (2013) UPAYA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MELALUI MEMBACA AL QUR’AN DALAM BIMBINGAN KELOMPOKPADA SISWA KELAS VI SD N 3 KARANGMALANG KEC. GEBOG KAB. KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (889kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (117kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Halifudin, Muhajirin. 2013.Upaya Meningkatkan Religiusitas Melalui Membaca Al Qur’an dalam Bimbingan Kelompok pada siswa Kelas VI SD N 3 Karangmalang Kec. Gebog Kab. Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi.Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.Pembimbing : (1) Dr. Sukiman, M.Pd (2) Drs.Arista Kiswantoro. Kata kunci:Religiusitas, BimbinganKelompok Salah satu bagian penting dalam Bimbingan dan Konseling ialahpraktek dalam pemberian layanan Bimbingan Kelompok yang mempunyai peran untuk memberikan imajinasi pada setiap individu agar mampu mengaktualisasikan terhadap isi hati yang terpendam menjadi sebuah prilaku yang terwujud dalam sebuah realita, sehingga mampu diterima dimasyarakat sebagai tuntunan untuk menjadi insan yang mulia dan luhur. Hal ini tidak terhindar dari perkembangan IPTEK di era globalisasi,yang membuat pribadi individu seakan tidak ada batasan lagi. Perkembangan teknologi ini yang memunculkan berbagai sarana untuk menciptakan sebuah penyimpangan prilaku yang membuat sebuah pertentangan dikalangan masyarakat pada umumnya. Itu semua diakibatkan karena lemahnya tingkat Religiusitas didalam diri individu yang mengakibatkan keimanan seseorang menjadi mudah luntur sehingga berakibat fatal dan ditemukanlah rendahnya tingkat Religiusitas padasiswa kelas VI SD N 3 Karangmalang Kec. Gebog Kab. Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013, yang utamanya Religiusitas dalam membaca dan pemahaman terhadap Al Qur’an. Oleh karena itu untuk membantu siswa agar mampu meningkatkan Religiusitasnya dalam membaca Al Qur’an adalah dengan memberikan bimbingan kelompok pada bidang pribadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Apakah layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan Religiuitas siswa kelas VI SD N 3 Karangmalang Kec. Gebog Kab. Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013?. Dan tujuan penelitian ini adalah, 1.Untuk mendeskripsikanpeningkatan Religiusitas siswa dalam membaca Al Qur’anpada siswa kelas VI SD N 3 Karangmalang Kec. Gebog Kab.Kudus sebelum dan setelah dilakukan tindakan bimbingan pribadi. 2. Untuk diperoleh peningkatan Religiusitas dalam membaca Al Qur’an pada siswa kelas VI SD N 3 Karangmalang Kec. Gebog Kab. Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui layanan bimbingan kelompok pada bidang pribadi. Kegunaan teoritis penelitian dapat digunakan, untuk menambah khasanah keilmuan bidang Bimbingan dan Konseling, khususnya dalam penyusunan program bimbingan pribadilguna membantu meningkatkan tingkat Religiusitas dalam membaca dan memahami Al Qur’an yang rendah yang berdampak negatif bagi prestasi belajar dan prilaku siswa.Serta dapat dimanfaatkan sebagai bahan informasi atau bahan acuan dan dapat digunakan sebagai bahan penulisan yang berkaitan dengan topik penelitian.Dan kegunaan praktisnya, 1.Bagi kepala sekolah dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan yang mendukungpelaksanaan program bimbingan di sekolah, 2.Bagi guru Pendidikan Agama Islam dapat digunakan sebagai panduan/tindakan untuk membantu mengentaskan siswa dari rendahnya tingkat Religiusitas dalam membaca dan memahami Al Qur’an siswa, 3. Bagi siswa dapat digunakan agar siswa merasakan pentingnya meningkatkan Religiusitas dalam membaca dan memahami Al Qur’an dengan bimbingan kelompok, sehingga dapat menggunakan aktivitas belajar dan waktu luang dalamkehidupan sehari-hari. Ruang lingkup penelitian yang sesuai dengan judul penelitian ini adalah mengenai peningkatan Religiusitas melalui membaca Al Qur’an pada siswa kelas VI SD N 3 Karangmalang Kec. Gebog Kab. Kudus tahun pelajaran 2012/2013yang tingkat religiusitas dalam membaca Al Qur’an dan layanan bimbingan kelompok pada bidang pribadi. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu melalui bimbingan kelompok dalam bidang pribadi,dapat meningkatkan Religiusitas dalam membaca Al Qur’an pada siswa kelas VI SD N 3 Karangmalang Kec. Gebog Kab.Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara.Subjek penelitian sebanyak 8 siswa dari kelas VI SD N 3 Karangmalang Kec. Gebog Kab.Kudus tahun pelajaran 2012/2013 yang tingkat religiusitasnya dalam membaca Al Qur’an rendah. Setelah dilaksanakan enam kali pertemuan dalam dua siklus dengan tindakan bimbingan kelompok bidang pribadi, ditinjau dari aspek kemampuan membaca dan menulis arab surat, kemampuan mengartikan dan memahami, Mampu mengamalkan printah dan larangan isi dari kangdungan surat, Mampu mempresentasikan kadungan arti didepan kelompok surat. pada kondisi awal siswa sanagt kurang dalam tingkat religiusitas dalam membaca Al Qur’an surat, pada siklus I diperoleh terjadi peningkatan skor atau dalam kategori cukup yaitu tigkat religiusitas dalam membaca Al Qur’an tergolong cukup baik, sedangkan pada siklus II peningkatan religiusitas dalam membaca Al Qur’an mengalami peningkatan skor atau dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, upaya meningkatkan religiusitas melalui bimbingan kelompok dalam bidang pribadi pada siklus I dan siklus II terhadap 8 subjek berjalan cukup baik, terlihat pada peningkatan pada religiusitas dalam membaca Al Qur’an, aktivitas siswa menjadi berubah, dan diwaktu yang longgar siswa sering belajar untuk membaca Al Qur’an.. Saran hasil penelitian, 1.Kepala sekolah untuk memfasilitasisekolah dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dengan upaya meningkatkan religiusitas, 2. Guru mata pelajaran (PAI) atau Guru kelas diharapkan bisa merencanakan program bimbingan kelompok pada siswa sejak awal kelas 1. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan efektifitas bimbingan kelompok dengan terkumpulnya data yang lebih banyak dan komprehensif terhadap data redahnya tingkat religiusitas siswa yang mampu menunjang optimalisasi pribadi siswa, 3. Siswa diharapkan dapat meningkatkan religiusitas melalui membaca Al Qur’an dengan menggunakan bimbingan kelompok, dengan demikian diharapkan prestasi belajar dan pemanfaatan waktu luang siswa dapat berjalan dengan baik

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nama : Dr. Sukiman, M.Pd
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2014 02:31
Last Modified: 19 Feb 2014 02:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item