UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN MENGERJAKAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA SDN KAYUAPU KELAS V KUDUS TAHUN 2012/2013

Rosidah, Atik fatur (2013) UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN MENGERJAKAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA SDN KAYUAPU KELAS V KUDUS TAHUN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul] PDF (Halaman Sampul)
Hal_Depan.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
BAB_VI.pdf - Accepted Version

Download (73kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstrak

Rosidah, Atik Fatur.2013. Upaya Peningkatan Kedisiplinan Mengerjakan Tugas Pekerjaan Rumah Melalui Layanan Informasi Pada Siswa SDN Kayuapu Kelas V Kudus Tahun 2012/2013. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I). Drs.Sucipto, M.Pd. Kons. (II). Drs. Sabar Rutoto, M.Pd. Kata Kunci: Layanan Informasi, Kedisiplinan, Mengerjakan Pekerjaan Rumah Disiplin dalam suatu sekolah sangat diperlukan untuk menciptakan ketertiban.Maka dibentuklah tata tertib sekolah.Namun akhir-akhir ini tata tertib mulai menurun fungsinya.Hal ini disebabkan, disiplin yang dibentuk adalah disiplin yang terpaksa, bukan karena kesadaran namun karena takut pada hukuman.Oleh karena itu sekolah perlu menumbuhkan sikap disiplin dikalangan siswa. Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah layanan informasi dapat meningkatkan kedisiplinan mengerjakan tugas PR siswa kelas V SDN Kayuapu Kudus Tahun 2012/2013? Tujuan penelitian :1. Mendiskripsikan kedisiplinan mengerjakan tugas PR siswa sebelum dan sesudah layanan informasi kepada siswa kelas V SDN Kayuapu Kudus Tahun 2012/2013. 2. Untuk mengetahui efektivitas pemberian layanan informasi di Kelas V SDN Kayuapu Kudus Tahun 2012/2013. Manfaat penelitian : 1. Manfaat Teoritis, Hasil penelitian ini dapat memperluas ilmu pengetahuan khususnya berkaitan dengan pengembangan layanan informasi, berkaitan dengan pengaruhnya dalam meningkatkan kedisiplinan mengerjakan tugas PR. 2. Manfaat Praktis : a. Bagi Kepala Sekolah, Sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling. b. Bagi Guru Pembimbing, Memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk dapat meningkatkan kedisiplinan mengerjakan tugas PR. c. Bagi Siswa, Siswa dapat menyadari pentingnya meningkatkan kedisiplinan mengerjakan tugas PR agar dalam mencapai prestasi belajar itu bisa optimal. Ruang Lingkup Penelitian: membahas mengenai peningkatan kedisiplinan mengerjakan tugas PR yang akan dilakukan pada siswa kelas V SDN Kayuapu Kudus, Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dibatasi pada kompetensi dasar menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat, baik sementara maupun tetap. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data: Observasi sebagai metode utama, wawancara sebagai metode pendukung, subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa terdiri dari satu kelas yang memiliki kedisiplinan mengerjakan tugas PR rendah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : “Layanan informasi dapat meningkatkan kedisiplinan mengerjakan tugas PR pada siswa kelas V SDN Kayuuapu Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Hasil Penelitian : Meningkatnya kedisiplinan mengerjakan tugas PR siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 50,2% menjadi 75,5%. Jadi, hipotesis yang berbunyi “Layanan informasi dapat meningkatkan kedisiplinan mengerjakan tugas PR pada siswa kelas V SDN Kayuapu Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013” diterima karena teruji kebenarannya.Simpulan.Dari hasil penelitian pada siklus I dan II dapat diketahui hasil peningkatan kedisiplinan mengerjakan tugas PR siswa kelas V SDN Kayuapu kudus tahun pelajaran 2012/2013. Pada siklus II ini ada peningkatan dibandingkan dengan siklus I. pada siklus I mendapatkan hasil rata-rata 50,2%, pada siklus II mendapatkan hasil rata-rata 75,5%, terjadi peningkatan sebesar 25,3%. Berdasarkan hasil wawancara dari Guru kelas dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan layanan informasi, kedisiplinan mengerjakan tugas PR siswa kelas V sudah mulai ada peningkatan, sebagian siswa sudah memiliki kedisiplinan mengerjakan tugas PR yang baik, waktu belajar yang teratur, adanya rasa tanggung jawab terhadap tugas PR. Berdasarkan simpulan diatas, penulis menyampaikan saran kepada: 1. Bagi Sekolah perlu adanya kerja sama yang baik dengan anggota keluarga sekolah (kepala seekolah, guru, dan karyawan) sehingga mampu memberikan layanan informasi dalam bimbingan pribadi siswa dalam meningkatkan kedisiplinan mengerjakan tugas PR yang positif. 2. Siswa: Pelaksanaan layanan informasi dalam bimbingan dan konseling yang diterapkan di sekolah juga bisa menambah informasi yang baik pada siswa, untuk membentuk kedisiplinan mengerjakan tugas PR yang positif, sehingga siswa lebih optimis dan percaya diri dalam segala hal yang berkaitan dengan tugas PR. 3. Guru/ Pembimbing: Guru pembimbing hendaknya mampu memberikan layanan informasi yang mencakup materi kedisiplinan mengerjakan tugas PR secara optimal sesuai dengan kondisi siswa sehingga guru mampu memberikan layanan informasi dalam bimbingan klasikal dengan maksimal. 4. Orang Tua Siswa: Orang tua hendaknya tidak lepas tangan untuk membina anak dalam serta membimbing anaknya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nama : Drs. sucipto, M.Pd, Kons
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2014 03:31
Last Modified: 19 Feb 2014 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item View Item