Optimalisasi Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd 3 Bacin Kecamatan Bae Kabupaten Kudus

Fitria Maharani, Nastiti (2013) Optimalisasi Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd 3 Bacin Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Update Test thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
PDF (Halaman Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (353kB)
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (37kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Kenyataannya pembelajaran IPA tidaklah mudah bagi sebagian orang karena siswa harus menemukan konsep-konsep dan harus ditangani secara tepat dengan mencari media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah : (1) Bagaimana pengunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (2) Sejauh manakah pengunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan motivasi belajar IPA (3) Sejauh manakah pengunaan media kartu bergamabr dalam peningkatan hasil belajar IPA. Tujuan dalam penelitian ini ialah : (1) Mendeskripsikan pengunaan media kartu bergambar dalam rangka meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA; (2) Menemukan peningkatan motivasi pada kelas IV SD setelah menggunakan media kartu bergambar; (3) Menemukan peningkatan hasil belajar IPA pada kelas IV SD setelah menggunakan media kartu bergambar. Pembelajaran IPA menggunakan media kartu bergambar mengarahkan siswa untuk menemukan kosep-konsep secara diskusi kelompok. Dengan menggunakan media kartu bergambar akan merangsang motivasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan sehingga hasil belajar siswa meningkat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode tes dan non tes. Metode non tes berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Sedangkan metode tes berupa tes tertulis dengan soal pilihan ganda pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai prasiklus/pre test dan ketuntasan klasikal 54%. Rata-rata Siklus I 73, 51. dengan ketuntasan klasikal 54% kategori tiap-tiap kondisi motivasi siswa rata-rata 4, 36 dalam kategori baik, aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dan presentase pengelolaan pembelajaran guru sebesar 89%. Pada Siklus II rata-rata 81, 75 dengan ketuntasan klasikal 93% kategori tiap-tiap kondisi motivasi siswa rata-rata 4, 73 dalam kategori sangat baik, presentase aktivitas belajar siswa dalam kategori baik dan presentase pengelolaan pembelajaran guru 94%. Simpulan penelitian ini ialah penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa pada kelas IV SD 3 Bacin Kudus. Berpijak dari penelitian ini, peneliti menyarankan: bagi siswa: menumbuhkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi guru : guru hendaknya menerapkan media kartu bergambar dengan baik sehingga dapat dijadikan sebagai suatu alternatif variasi alat peraga dalam meningkatkan hasil belajar IPA di sekolah dan memberi perhatian lebih seperti memberi jam pelajaran tambahan sehabis pulang sekolah kepada 3 siswa yang nilainya tidak tuntas tersebut. Bagi sekolah : pihak sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung pembelajaran terutama media kartu bergambar yang dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I : Drs. moh. kanzunnudin, M.Pd. Pembimbing II : Khamdun, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Media Kartu Bergambar, Motivasi, Hasil Belajar, IPA
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Date Deposited: 19 Feb 2014 04:00
Last Modified: 19 Feb 2014 04:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item